PKPU Sediakan Beasiswa Bagi Mahasiswa dan Pelajar

id PKPU, Beasiswa, Pelajar, Mahasiswa

Padang, (Antara Sumbar) - Lembaga Kemanusiaan Nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Cabang Padang, Sumatera Barat menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dan pelajar.

"Nama programnya adalah Beastudi Muda untuk mahasiswa sedangkan untuk pelajar yaitu Beasiswa Akselerasi Pintar bagi pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, baik negeri maupun swasta," kata Kepala Cabang PKPU Padang Hendra Nafsosianto di Padang, Selasa.

Program Beastudi Muda tersebut, jelasnya akan diberi setiap bulan bagi sepuluh orang mahasiswa yang terpilih. Mahasiswa yang dipilih yaitu memiliki prestasi bagus namun berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi.

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan mahasiswa yang dipilih tersebut akan dibina dan diberi tempat tinggal seperti asrama, agar mereka lebih fokus dalam proses studinya.

"Mereka akan kami bina, dan akan dilibatkan dalam program sosial yang diadakan PKPU sehingga tidak hanya skill akademiknya saja yang bagus, tetapi juga sisi kemanusiaannya akan terasah," tambah dia.

Saat ini, ujarnya PKPU sudah bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Andalas untuk proses penyeleksian.

"Untuk angka nominal berapa yang akan kami berikan belum dapat dipastikan, sebab dana yang sudah terkumpul bisa bertambah karena donatur akan kami carikan secara berkesinambungan," ucapnya.

Kemudian, sebutnya Beasiswa Akselerasi Pintar juga bertujuan sama seperti Beastudi Muda, yaitu untuk membangun dan meningkatkan dan mengevaluasi proses belajar anak-anak kurang mampu secara ekonomi.

"Kami bertujuan untuk membantu pemerintah dalam usaha wajib belajar sembilan tahun dan memberikan pembinaan yang maksimal kepada penerima beasiswa," imbuhnya.

Pihaknya berharap agar dapat memberi dampak positif dengan adanya beasiswa ini, sehingga rantai kemiskinan dapat terhapuskan dan semua orang berhak mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. (*)