BUMNSMN-MENTERI BUMN IKUTI JALAN SEHAT DI PADANG

id bumn#SMN

BUMNSMN-MENTERI BUMN IKUTI JALAN SEHAT DI PADANG

Menteri BUMN Rini M. Soemarno jalan sehat di Kota Padang, bersama jajaran pimpinan BUMN dalam rangkaian kegiatan "BUMN Untuk Negeri". (bb)



PADANG (BUMNSMN) - Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengikuti kegiatan jalan sehat bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri tahun 2016 di Padang, Sumatera Barat, yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dalam rangka memperingati 71 Tahun Indonesia Merdeka pada Sabtu, 13 Agustus 2016.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh empat BUMN yaitu Pegadaian, Semen Padang, Pelni dan Hotel Indonesia Natour ditunjuk Kementerian BUMN sebagai Penanggung Jawab dan Penyelenggara kegiatan di Sumatera Barat. Pegadaian tampil sebagai Ketua PIC dalam rangkaian acara di Sumatera Barat.

Jalan sehat ini diikuti oleh lebih dari tujuh ribu peserta yang terdiri dari masyarakat Kota Padang beserta karyawan BUMN yang ada di Sumatera Barat beserta keluarganya. Tampak diantara peserta Dirut Pegadaian Riswinandi, Dirut Semen Padang Benny Wendri, Dirut Pelni Elfien Goentoro dan Dirut Hotel Indonesia Natour Iswandi Said.

Ikut pula Sekretaris Daerah Provinsi Ali Asmar dan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, serta para pejabat dari Kementerian BUMN, para Direksi dan pejabat BUMN Penanggung Jawab dan Penyelenggara kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Sumatera Barat.

Selain itu hadir pula peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016 beserta Guru Teladan yang berasal dari Papua Barat yang telah mengikuti kegiatan SMN sejak tanggal 6 Agustus 2016 di Provinsi Sumatera Barat.

Jalan santai dimulai dengan pengibaran bendera start oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno pada pukul 06.00 Wib di GOR H. Agus Salim Padang. Diiringi marching band Semen Padang, peserta tampak antusias menelusuri rute jalan sehat sepanjang 5 km yang melewati Jl. Raden Saleh menuju pantai Muaro Lasak.

Menteri yang dikenal akrab dengan masyarakat ini, terlihat beberapa kali melambaikan tangan, bahkan menyapa dan memenuhi permintaan masyarakat untuk ber-swafoto. Menteri Rini juga tak meninggalkan kesempatan untuk membeli kue dari pedagang kue keliling yang kebetulan sedang mangkal di pinggir pantai Muaro Lasak tersebut.

Sembari sejenak beristirahat, di pantai Muaro Lasak peserta disuguhkan atraksi silat minang yang disajikan oleh pelajar-pelajar Kota Padang. Kemudian kembali melanjutkan jalan sehat menelusuri pinggiran pantai Muaro Lasak hingga akhirnya kembali lagi ke GOR H Agus Salim menuju garis finish. Setibanya di GOR H. Agus Salim, rombongan menteri BUMN disambut dengan tari pasambahan.

Bermacam hadiah lucky draw dibagikan kepada peserta yang beruntung, di antaranya panitia penyelenggara menyiapkan 1 paket hadiah umroh, 3 unit sepeda motor, 10 keping logam mulia, sepeda gunung, mesin cuci, lemari es, dan puluhan hadiah hiburan lainnya.

Kegiatan Jalan Sehat tersebut semakin meriah setelah dihibur oleh artis kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, Ratu Sikumbang.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam sambutannya menyatakan bahwa BUMN terus berperan aktif dalam pembangunan sebagai bentuk kerja nyata BUMN dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan.

"Kami berterima kasih kepada Pegadaian, Semen Padang, Pelni, dan Hotel Indonesia Natour (HIN) yang telah menyelenggarakan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Sumatera Barat ini. Kegiatan jalan sehat ini merupakan salah satu agenda dari beberapa kegiatan yang digelar Kementerian BUMN dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di seluruh provinsi di Indonesia. Diantaranya bedah rumah veteran, pembinaan kepada narapidana, BUMN mengajar, pembangunan MCK, sumur untuk air bersih, dan lain-lain," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Rini M Soemarno juga menandaskan bahwa program kegiatan ini telah menjadi agenda rutin sejak tahun lalu dan akan terus digulirkan rutin pada tahun-tahun mendatang dengan semangat untuk memberikan velues kepada masyarakat Indonesia. ***