BUMN-SMN: DARI PAPUA BARAT MELANGLANG BUANA KE SUMATERA BARAT

id bumn#smn2016

BUMN-SMN: DARI PAPUA BARAT MELANGLANG BUANA  KE SUMATERA BARAT

Mirza Yunan Rivai (Pegadaian) memberikan pembekalan kepada peserta SMN 2016 asal Papua Barat (cc)

PADANG (BUMN/SMN) Cahaya mentari mengintip dari balik dinding bukit Barisan, menerpa wajah-wajah cerah peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016 dari Papua Barat yang tiba di Padang Sabtu,6 Agustus 2016 tengah malam tadi. Perjalanan menempuh jarak lebih dari 4.500 km dalam waktu lebih dari 12 jam memang melelahkan. Tetapi pagi ini mereka sudah tampak segar kembali. Tak ada lagi gurat-gurat lelah di wajah mereka. Yang ada hanyalah semangat dan gairah untuk segera berangkat untuk mengenali budaya, serta mempelajari tentang kewirausahaan dan pendidikan saudara-saudara mereka di Sumatera Barat.

Kegiatan yang dilakukan Minggu (7/8) pagi ini diawali dengan ibadah di gereja Katedral St. Theresia bagi penganut Katholik dan gereja Banua Niha Keriso Protestan kota Padang bagi penganut Kristen Protestan. Selain sebagai tanda syukur atas keselamatan yang diberikan Tuhan dalam perjalanan, mereka juga berdoa untuk kelancaran seluruh kegiatan yang akan berakhir 15 Agustus 2016 ini.

Usai berdoa, mereka kembali ke hotel Grand Inna Muara tempat mereka menginap. Agenda berikutnya telah menunggu, yaitu pembekalan peserta yang disampaikan oleh Mirza Yunan Rivai (Pegadaian). Materi yang disampaikan adalah penjelasan tentang Program SMN 2016 dan beberapa tugas yang harus dilakukan peserta selama menjalani program ini.

Para peserta di akhir kegiatan diwajibkan menyampaikan presentasi secara kelompok. Dari presentasi yang disampaikan ini diharapkan muncul umpan balik dan kontribusi gagasan yang bermanfaat tidak hanya buat peserta, melainkan juga bagi sekolah, maupun lingkungan masyarakat tempat asal mereka.

Kesuksesan dari pelaksanaan program SMN 2016 ini memang penting. Tetapi yang utama adalah bagaimana kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada para peserta dalam mengembangkan potensi sumber daya yang ada di tempat tinggal mereka.

Teks Foto:

Mirza Yunan Rivai (Pegadaian) memberikan pembekalan kepada peserta SMN 2016 asal Papua Barat