Pemkab Dharmasraya Gladi Keamanan TdS

id TdS, Gladi, Keamanan

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menyebutkan pihak panitia akan menggelar geladi keamanan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016.

"Ini merupakan langkah terakhir untuk melihat kesiapan personel keamanan dan panitia dalam melaksanakan TdS nantinya," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Pariwisata dan Budaya Akrial di Pulau Punjung, Rabu.

Dia mengatakan dalam geladi keamanan nantinya akan melibatkan personel gabungan yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan instansi terkait lainnya.

Selain simulasi keamanan, kata dia melanjutkan, juga akan digelar uji coba lintasan etape VII TdS yang akan ditempuh pebalap.

"Pada geladi ini akan terlihat pos-pos mana yang masih ada kekurangan, jadi kami dapat evaluasi bersama pihak panitia lainnya untuk penyempurnaan jelang pelaksanaan," jelasnya.

Pemkab Dharmasraya mengharapkan masyarakat ikut serta mensuksekan ajang balap sepeda yang akan diikuti oleh 29 negara dengan 250 orang peserta tersebut.

Selain uji coba jalur dan simulasi keamanan, tambah dia kesempatan tersebut juga dijadikan ajang sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan TdS nantinya.

Etape VII TdS yang start di Sijunjung dan finis di Dharmasraya berlangsung pada 12 Agustus 2016.

Berikut beberapa nagari (desa adat) yang akan dilalui pebalap pada TdS tahun ini, di antaranya Kantor Bupati Dharmasraya, Sungai Dareh.

Simpang Sikabau, Koto Tuo, Sitiung, Koto Padang Dalam, Sialang Gaung, Simpang Tiga Koto Baru, Pasar Koto Baru, Simpang Empat Koto Baru, Koto Padang Luar, dan finis di Sport Center. (*)