Asrama Embarkasi Haji Padang Siap Layani CJH

id Haji

Asrama Embarkasi Haji Padang Siap Layani CJH

Ilustrasi, haji. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Asrama Haji Embarkasi Padang, Sumatera Barat, sudah siap menerima dan melayani Calon Jamaah Haji (CJH) 2016 yang akan menginap semalam sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekah.

"Kami sepenuhnya telah mempersiapkan segala fasilitas dan kebutuhan CJH 2016," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Embarkasi Haji Padang, Ali Amran di Padang Jumat.

Ia menyampaikan tempat istirahat yang dipersiapkan berjumlah 450 ranjang dan semua fasilitasnya sudah dicukupkan untuk memenuhi kebutuhan para CJH.

"Bangunan memang masih dalam tahap pembenahan, ranjang, listrik, air dan AC semua telah memenuhi syarat," jelasnya.

Untuk ranjang, pihak Asrama Haji masih menggunakan ranjang bertingkat karena untuk sementara anggaran dana tidak mencukupi melakukan penggantian ranjang.

"Kami hanya bisa memberikan ranjang bertingkat, namun kami pastikan untuk keamanan dan kenyamanannya terjamin," katanya.

Ia mengaku tim kesehatan telah memeriksa kebersihan dan kelayakan Asrama Haji dalam tiga tahap dan hasilnya tingkat kesehatan sudah layak untuk melayani CJH.

"Semua sudah dipersiapkan sesuai rencana, jadi kami hanya tinggal menunggu operasionalnya saja," katanya.

Keamanan Asrama Haji dan CJH juga sudah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian.

"Selama 24 jam pihak kepolisian akan bergantian dan berjaga di sekitar Asrama Haji," katanya.

Dari tahun sebelumnya yang selalu menjadi kendala yaitu lahan parkir karena halaman Asrama Haji tidak mencukupi untuk menampung banyaknya pengantar CJH.

"Itulah salah satu masalah yang ada tiap tahun, tapi kami telah berkoordinasi dengan pihak Kabupaten Kota, pengantar CJH hanya sampai Kabupaten Kota," ungkapnya. (*)