Pertamina Berangkatkan 4.900 Pemudik ke Jawa Sumatera

id Pertamina

Jakarta, (Antara Sumbar) - PT Pertamina memberangkatkan 4.900 pemudik ke 33 kota di Jawa dan Sumatera sebagai bagian dari acara rutin tahunan untuk memberikan apresiasi kepada para pekerja maupun konsumen dalam merayakan hari raya Idul Fitri 1437 H.

"Kita memberangkatkan saudara-saudara kita untuk mudik dalam rangka silatuhami Idul Fitri 1437 H dan telah disampaikan jumlahnya semakin banyak dan cakupannya semakin luas," kata Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto saat memberikan sambutan acara mudik bersama di Jakarta, Jumat.

Program rutin yang telah berlangsung selama sembilan tahun ini dipersembahkan Pertamina untuk memberikan penghargaan kepada para mekanik, petugas SPBU, pekerja kontrak, pekerja pabrik pelumas dan para pelanggan setia.

Untuk acara mudik bersama ini, Pertamina menyiapkan 85 armada bus, dengan rincian sebanyak 65 bus berangkat pada Jumat (1/7), sisanya 10 bus telah berangkat dalam program mudik Kementerian BUMN pada Kamis (30/6) dan 10 bus dalam program mudik Kementerian ESDM.

Pada acara mudik tahun ini, juga ikut diberangkatkan sebanyak 200 anggota keluarga petugas kebersihan DKI Jakarta.

Dwi mengharapkan perjalanan para pemudik dapat berjalan lancar dan tertib lalu lintas terjaga, sehingga seluruh peserta kegiatan mudik bersama dapat tiba di tempat tujuan tanpa mengalami hambatan maupun gangguan berarti.

"Jangan lupa dalam perjalanan pemudik menjaga kesehatan, anak-anak kecil jangan terlepas dan barang tetap dijaga. Para pengemudi juga menjaga kesehatan sehingga selalu waspada, berhati-hati dan mengikuti ketertiban lalu lintas," katanya.

Terdapat 33 kota di jalur utara Jawa, jalur selatan Jawa dan jalur Sumatera yang menjadi bagian dari rangkaian acara mudik bersama Pertamina ini.

Untuk jalur utara Jawa yaitu rute Jakarta-Cirebon-Tegal-Pemalang, Jakarta-Pekalongan-Semarang-Kudus dan Jakarta- Rembang-Tuban-Lamongan-Surabaya.

Untuk jalur selatan Jawa antara lain rute Jakarta-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Majenang, Jakarta-Purwokerto-Banyumas-Kebumen-Purworejo, Jakarta-Yogyakarta-Wonogiri dan Jakarta-Solo-Madiun-Mojokerto.

Sedangkan untuk jalur Sumatera adalah rute Jakarta-Merak-Bakauheni-Kalianda-Bandar Lampung, Jakarta-Kotabumi-Blambangan Umpu-Baturaja-Muara Enim dan Jakarta-Prabumulih-Palembang.

VP Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro menambahkan acara mudik ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan kemudahan kepada para pemudik agar bisa pulang kampung secara gratis.

Ia menjelaskan seluruh aspek keselamatan dan kenyamanan para pemudik ikut diperhatikan, termasuk menyediakan armada bus yang aman, menjalankan tes kesehatan bagi pengemudi dan menyediakan takjil untuk berbuka puasa.

"Untuk memastikan keselamatan pemudik, seluruh pengemudi armada bus telah menjalani tes kesehatan menyeluruh oleh Dinas Kesehatan, sebelum diperbolehkan bertugas. Kelayakan kendaraan juga menjadi perhatian utama," kata Wianda. (*)