DKP Sumbar Dorong Transplantasi Terumbu Karang

id Transplantasi Terumbu Karang

Padang, (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat, mendorong dilakukannya transplantasi terumbu karang guna mengatasi pemutihan terumbu karang di perairan laut provinsi itu.

"Pemutihan terumbu karang terjadi akibat perubahan iklim, meskipun sulit untuk mencegahnya, kita akan dorong transplantasi terumbu karang tersebut," kata Kepala DKP Sumbar, Yosmeri di Padang, Rabu.

Untuk tahap awal DKP akan melakukan transplantasi di beberapa tempat, tetapi belum bisa luas karena terumbu karang perairan laut Sumbar sangat luas.

"Namun transplantasi terumbu karang ini akan terus kita awasi," katanya.

Selain transplantasi DKP juga akan terus menyosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga terumbu karang yang masih hidup.

Kemudian mengimbau kepada para turis yang menikmati wisata laut, agar tidak merusak terumbu karang, sehingga ekosistem yang ada di laut tetap terjaga.

Sementara itu, pakar kelautan dari Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Dr. Suparno mengatakan kenaikan suhu satu hingga dua derajat celcius di permukaan laut, dapat menyebabkan terjadinya pemutihan terumbu karang.

"Pemutihan terumbu karang adalah miro alga pada karang berkurang atau hilang mengakibatkan karang memutih akibat kenaikan suhu permukaan laut naik," jelasnya.

Dari hasil penyelamatan yang dilakukan oleh unit kegiatan mahasiswa UKM Diving UBH Padang, hampir 90 persen karang bercabang di perairan Sumbar mengalami pemutihan.

Perairan yang mengalami pemutihan antara lain ditemukan di Pulau Kasiak, Pulau Pandan, Pulau Toran, Pulau Pieh, Pulau Marak dan Pulau Pagang.

"Hal yang sama juga terjadi di perairan kawasan wisata, dan kawasan taman nirwana," tutupnya. (*)