Unand Beri Bantuan Korban Banjir-Longsor 50 Kota

id Unand, Bantuan, Banjir 50 Kota

Unand Beri Bantuan Korban Banjir-Longsor 50 Kota

Banjir Solok Selatan, Senin (8/2). (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Padang, (AntaraSumbar) - Sivitas Akademika Universitas Andalas (Unand) Padang memberikan bantuan berupa sembako dan obat-obatan kepada korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten 50 Kota pada Kamis (11/2) lalu.

"Unand melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, perwakilan fakultas dan mahasiswa mengunjungi langsung korban bencana di Kecamatan Bukit Barisan , Kabupaten 50 Kota," Kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand, Eriyanty di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan perwakilan Unand tersebut mengunjungi tiga nagari di kecamatan tersebut yakni Tabiang Tinggi, Sungai Naniang, dan Baruah Gunung.

Ketiga nagari tersebut menjadi daerah yang cukup parah diterjang banjir dan longsor yang melanda kawasan tersebut pada Senin (8/2) lalu.

Selain memberikan bantuan, perwakilan Unand juga meninjau beberapa rumah dan tempat yang terkena dampak paling parah karena longsor tersebut. Seperti di Tabiang Tinggi terdapat rumah yang tanahnya amblas akibat longsor.

"Selain 50 Kota Unand juga merencanakan berkunjung dan memberikan bantuan kepada korban di daerah lain seperti Solok Selatan, Solok dan Dharmasraya," katanya.

Namun, mengenai jadwal pelaksanaan masih bergantung pada keputusan pimpinan, ujarnya.

Sementara itu melalui hubungan telepon Camat Bukit Barisan, Rahmat Hidayat menyebutkan dampak kerusakan akibat banjir dan longsor di daerahnya mencapai 178 rumah dengan status ringan maupun berat.

Sejauh ini pihaknya telah berkoordinasi dengan badan penanggulangan bencana setempat dan dinas lainnya untuk mendirikan posko bantuan di Nagari Tabiang Tinggi.

Posko bantuan ini menyediakan juga cek kesehatan dan pengobatan gratis sekaligus tempat penampungan sementara, katanya. (*)