Ikasmantri Gelar Aksi Bersih Pantai Padang

id aksi, bersih, pantai

Ikasmantri Gelar Aksi Bersih Pantai Padang

Ketua Dewan Pembina Ikasmantri Irwan Prayitno menerima bantuan bak sampah dari Cocacola pada aksi bersih Pantai Padang (Foto Ikhwan Wahyudi)

Padang, (AntaraSumbar) - Ratusan orang yang tergabung dalam Ikatan Alumni SMA Negeri 3 (Ikasmantri) Padang pada Minggu pagi memadati Taman Muaro Lasak Pantai Purus Kota Padang.

Jika sebagian pengunjung lazimnya berkunjung ke kawasan itu untuk berolahraga atau berwisata, alumni Ikasmantri malah menggelar aksi bersih untuk membebaskan kawasan itu dari sampah

Ratusan Ikatan Alumni SMA Negeri 3 (Ikasmantri) Padang tersebut menggelar aksi bersih Pantai Padang.

"Aksi ini merupakan upaya membantu pemrintah kota menciptakan kebersihan di Padang khususnya pada lokasi objek wisata," kata Sekretaris Pengurus Pusat Ikasmantri, Alfianif di Padang.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan tanggung jawab alumni SMA Negeri 3 Padang untuk ikut serta menyukseskan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 tentang kebersihan dan pengelolaan sampah.

"Kami melihat salah satu pendapatan utama kota Padang dari sektor pariwisata, jika kawasan wisata seperti Pantai Padang bersih maka tingkat kunjungan akan meningkat," ujar dia.

Ia mengatakan kegiatan ini terselenggara didukung oleh Coca cola Amatil Indonesia serta sejumlah pihak lainnya.

Ratusan alumni SMA Negeri 3 Padang tersebut memungut semua sampah yang ada di sepanjang pantai di kawasan Taman Muaro Lasak .

Mereka memungut berbagai sampah untuk ditampung dalam bak yang telah disiapkan panitia.

Tidak hanya itu warga setempat serta pengunjung yang ada di lokasi diajak serta bersama-sama membersihkan kawasan pantai itu.

Sementara, Ketua Dewan Pembinan Ikasmantri Irwan Prayitno menyambut baik kegiatan tersebut karena merupakan salah satu bentuk kepedulian alumni terhadap lingkungan.

Pada kesempatan itu Irwan juga menyerahkan secara resmi tempat sampah pemberian Cocacola Amatil Indonesia kepada masyarakat setempat.

Ia berharap kegiatan bersih pantai dapat dilakukan secara rutin tidak hanya oleh Ikasmantri namun juga pihak lain sebagai upaya menciptakan objek wisata yang bersih.

Jika pantai bersih pengunjung meningkat, pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan daerah.

Dalam kegiatan itu Irwan juga tampil menghibur pengunjung sebagai penabuh drum melalui IP band membawakan beberapa lagu.

Usai menghibur peserta kegiata Irwan ikut bersama-sama memungut sampah di kawasan Taman Muaro Lasak bersama peserta lainnya.

Tanpa canggung Irwan memungut sampah plastik dan memasukan kedalam tempat yang telah disediakan.

Sementara, Corporate Affair Regional Manajer West Indonesia Cocacola Amatil Yayan Sopyan mengatakan aksi bersih Pantai Padang merupakan rangkaian kegiatan City Clean Up yang diselenggarakan Cocacola di beberapa kota di Tanah Air.

Ini merupakan kepedulian perusahaan terhadap masalah lingkungan terutama sampah dan kami lebih fokus pada tempat wisata, kata dia.

Menurut dia pada satu sisi sektor wisata memberikan pemasukan bagi masyarakat pada sisi lain juga menyisakan banyak sampah.

Jika warga kota tidak memiliki kepedulian maka akan besar potensi sampah yang terkumpul di lokasi wisata, ujar dia.

Oleh sebab itu Cocacola bersama masyarakat mengajak untuk menjaga kebersihan kota agar menjadi lebih baik, katanya. (***)