Pemudik Sepeda Motor Padati Pelabuhan Bakauheni

id sepeda motor, bakauheni

Bakauheni, (AntaraSumbar) - Arus balik pemudik sepeda motor di Pelabuhan Bakauheni terus meningkat dan memadati pelataran parkir dermaga.

Berdasarkan pantauan, di Pelabuhan Bakauheni, Selasa, ratusan kendaraan roda dua terlihat antre untuk memasuki kapal di dermaga III.

Antrean kendaraan tidak bertahan lama karena semua bisa terangkut ke dalam kapal guna diseberangkan menuju pelabuhan Merak, Banten.

Hal serupa terpantau disemua dermaga yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni. Ribuan kendaraan roda dua ini antre untuk memasuki kapal dan pelataran parkir dermaga di masing-masing pelabuhan.

Begitupula kendaraan pribadi hanya menunggu sekitar satu jam kurang untuk memasuki kapal untuk menyeberang. "Baru 15 menit saya menunggu, kalau lihat yang sudah-sudah kurang dari satu jam sudah bisa naik kapal," kata Suharno pemudik asal Depok.

Ia menilai pelayanan mudik tahun ini cukup baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena potensi keterangkutannya cukup besar dan tidak membuat pemudik menunggu lama.

Arus balik pemudik di Pelabuhan Bakauheni baru mencapai 30 persen atau masih tersisa sebanyak 451.397 yang belum kembali usai Lebaran 2015.

"Sebagian besar pemudik masih berada di kampung halaman karena waktu libur masih cukup panjang," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto di Bakauheni.

Masih menurut dia, meski baru mencapai 30 persen namun untuk puncak arus balik diprediksi akan terjadi hari ini (22/7).

"Lonjakan penumpang mudik masih terus mengalir mulai pagi hingga siang ini, diperkirakan hingga malam masih akan terjadi lonjakan cukup signifikan," ujarnya pula.

Terkait kesiapan, Heru mengatakan, telah melakukan penambahan loket dari delapan menjadi 12 guna mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik.

"Sama halnya dengan loket penumpang pejalan kaki, loket kendaraan juga ditambah sebanyak empat loket sehingga tidak terjadi penumpukan," kata dia.

Data 24 jam PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan jumlah penumpang arus balik sejak satu hingga tiga hari usai Lebaran (18-20/7) mencapai 196.403 orang, sedangkan jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 40.610 unit.

Untuk sepeda motor yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak Banten pada 18-20/7 mencapai 17.910 kendaraan, yang belum kembali sekitar 47.446 unit.

Jumlah kendaraan roda empat yang sudah balik mencapai 21.224 unit, dan yang belum kembali mencapai 43.615 unit. (*)