PDAM Tirta Antokan Agam Perbaikan Sumber Air

id PDAM Tirta Antokan Agam Perbaikan Sumber Air

Lubukbasung, Sumbar, (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan Kabupaten Agam, memperbaiki sumber air yang rusak akibat hujan melanda daerah tersebut, agar pasokan air tetap normal diterima pelanggan.

"Saat ini kita melakukan perbaikan sumber air di Silasung Kecamatan Lubukbasung yang rusak akibat hujan melanda daerah tersebut beberapa hari lalu," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Agam Eryanson di Lubukbasung, Jumat (23/11).

Dengan kondisi ini, pasokan air ke 11.000 pelanggan yang tersebar di Kecamatan Lubukbasung terganggu beberapa hari.

Menurut dia, sumber air di Silasung sering terganggu saat curah hujan tinggi sehingga pasokan air akan mati dan kotor.

Menyikapi ini, pihaknya telah berupaya dengan cara memperbaiki suplai air, jaringan dan lainnya.

Tahun 2011, PDAM Tirta Antokan Kabupaten Agam mendapatkan bantuan dari APBN sebesar Rp2 miliar untuk pemasangan pipa induk sepanjang 2 kilometer dengan pipa diameter 250 mm.

Pemasangan pipa tersebut untuk jangka panjang dengan tujuan agar pendistribusian air lancar sampai ke pelanggan.

Pada tahun 2013, PDAM Tirta Antokan juga mengusulkan dana sebesar Rp8 miliar pada pemerintah pusat untuk perbaikan jaringan yang ada, sehingga pelangan menikmati air selama 24 jam.

Saat ini, wilayah Kampung Pinang, Perumahan Talago, Sungai Jariang dan lainnya pendistribusian air dilakukan pada malam hari.

Sedangkan wilayah pusat pemerintahan seperti, Padang Baru, Lapau Talang dan lainnya pendistribusian air selama 24 jam. (**/ari/wij)
Pewarta :
Editor: Antara Sumbar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar