Bupati buka Edukasi Perlindungan Cagar Budaya

id Edukasi Perlindungan Cagar Budaya

Bupati buka Edukasi Perlindungan Cagar Budaya

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Mimi R Zainul membuka acara Edukasi Perlindungan Cagar Budaya di Hotel Hannah Painan, (30/09).

Acara yang digelar oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III Sumatera Barat itu diikuti peserta dari berbagai latar pemangku kepentingan kebudayaan yang ada di Pesisir Selatan.

Mimi R Zainul berharap acara ini menjadi sarana untuk meningkatkan kepedulian kepada cagar budaya yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kita punya 24 Situs yang sudah ditetapkan dengan keputusan baik Bupati, maupun Gubernur" sebut Mimi.

Mimi juga berharap agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan selaku OPD yang bertanggungjawab untuk pelestarian cagar budaya dapat melakukan optimalisasi pelestarian.

Sementara itu Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III Sumbar, Undri yang diwakili Kasubag Umum, Tomi Hidayat menyebutkan upaya pelestarian cagar budaya menjadi tanggungjawab bersama.

"Cagar budaya merupakan jejak sejarah yang perlu dijaga bersama" sebutnya.

Sejumlah nara sumber diundang untuk memberikan materi, diantaranya Wendi, Kadis Kominfo Pesisir Selatan dengan tema Strategi Publikasi Kebudayaan, Efrianto Dt Rj. Panjang mewakili DPRD dengan judul, Peluang Pengganggaran Dana Aspirasi Masyarakat untuk Bidang Kebudayaan.

Selanjutnya pada sesi siang nara sumber Dr. Uning Pratimaratri dan Prof. Siti Fatimah dari UNP.