IWAPI Pesisir Selatan gelar pelatihan Sertifikasi Ahli SMK3 bagi kaum perempuan

id IWAPI Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar

IWAPI Pesisir Selatan gelar pelatihan Sertifikasi Ahli SMK3 bagi kaum perempuan

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Pesisir Selatan bekerjasama dengan Lembaga Sertfikat Profresional (LSP) Astikindo Padang

Painan (ANTARA) - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Pesisir Selatan bekerjasama dengan Lembaga Sertfikat Profresional (LSP) Astikindo Padang, akan mengadakan kegiatan Pelatihan Sertifikasi SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) dengan keahlian Sertifikat Manajemen K3 dari tanggal 11 s/d 12 September 2024. Pelatihan ini berlangsung di Hotel Triza mengangkat tema “Kita Wujudkan Perempuan Indonesia yang Maju dan Mandiri”.

Pelatihan yang diikuti 20 orang peserta yang merupakan perempuan pencari kerja, ditujukan untuk memberi bekal kepada para perempuan ini saat mencari pekerjaan, agar lebih mampu bertindak untuk keselamatan kerja, serta mampu menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang baik.

Bapak Sekdakab, Mawardi Roska, mengajak peserta untuk tidak menunggu sebagai honorer atau P3K namun menjadi calon-calon konsultan mandiri dalam dunia kontruksi insfrastruktur. Hal ini terlihat semua jurusan sarjana masih menunggu lowongan kerja bersama Pemerindah Daerah/Pusat. Perbanyak jaringan komunikasi bersama konsultan-konsultan penyedia jasa kontruksi agar dapat meningkatkan keterampilan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini.

Ketua DPC IWAPI Kabupaten Pesisir Selatan, Cici Gamiaci, menyatakan ”Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perempuan dalam memahami dan mengenali potensi bahaya di tempat kerja serta cara-cara untuk menghindarinya, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja. Hal ini dibuktikan dengan memiliki Sertifikat SKK Ahli-SMK3”.

Narasumber sekaligus Tim Asesor LSP Astekindo dalam pelatihan Sertifikat SKK Ahli-SMK3 M. Dien mengatakan ini adalah kali kedua IWAPI berkerja sama dengan kami dengan pelatihan yang sebelumnya Pelatihan pengambilan SKK Jalan dan Bangunan Gedung dan sekarang pelatihan Sertifikat SKK Ahli-SMK3 ini, dimana pelatihan ini sangat dibutukan bagi para pencari kerja dalam memulai karir di dunia jasa kontruksi dan sertifikasi ini adalah sebagai bukti bawahsanya mereka siap bersaing di dunia kerja.

Setelah mengikuti pelatihan tersebut diharapkan saat mendapat peluang kerja maka kaum perempuan dapat lebih mudah beradaptasi dan berkembang serta rasa percaya diri yang lebih meningkat. Dengan demikian maka harapan menjadi perempuan Indonesia yang bisa mandiri, dan mampu bersaing akan bisa terwujud.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi IWAPI Pesisir Selatan bersama Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) dalam program Kesetaraan Gender dan Inklusi Sosial untuk Infrastruktur (GESIT).