Legislator ajak warga Agam konsumsi gizi berimbang cegah penyakit

id Legislator ajak konsumsi ikan

Legislator ajak warga Agam konsumsi gizi berimbang cegah penyakit

Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan DPR RI Ade Rezki Pratama memberikan arahan kepada peserta sosialisasi Germas di Gor Rang Agam, Sabtu (7/9). Antara/Yusrizal.

Lubuk Basung,- (ANTARA) - Anggota Komisi IX Bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan DPR RI, Ade Rezki Pratama mengajak warga Kabupaten Agam, Sumatra Barat untuk mengkonsumsi gizi berimbang agar menjadi sehat dan terhindar dari penyakit.

"Makanan harus seimbang agar warga selalu sehat dan terhindar dari penyakit," kata Ade Rezki Pratama saat sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lubuk Basung, Sabtu.

Ia mengatakan Agam sangat kaya dengan protein dan pangan, karena Agam salah satu penghasil ikan cukup banyak di Sumbar seperti ikan air tawar di Danau Maninjau dan ikan laut di perairan Tiku.

Dengan mengkonsumsi ikan, badan bisa sehat dan anak terhindar dari stunting.

"Negara maju karena masyarakatnya dengan kondisi sehat," katanya.

Politisi Gerindra itu gencar melakukan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat di daerah pemilihannya, karena tidak diingatkan maka masyarakat akan abai terhadap kesehatannya.

Untuk itu, ia membawa program tersebut ke daerah pemilihan agar masyarakat selalu hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

Setelah itu membawa program BPJS Kesehatan untuk masyarakat kurang mampu dan khusus di Agam mendapatkan 18 ribu orang pada 2023.

"Saya akan membawa program di Kementerian Kesehatan ke daerah pemilihan. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat pada Pemilu 2024, sehingga terpilih kembali untuk ke tiga kalinya di DPR RI," katanya.

Sementara PPK Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Rinda Juwita menambahkan sosialisasi Gemas ini merupakan program kemitraan Kemenkes dengan Komisi IX DPR-RI.

"Kegiatan ini terlaksana atas dukungan DPR RI ke Kemenkes dengan target agar masyarakat hidup sehat," katanya.

Dengan kegiatan ini, tingkat derajat kesehatan masyarakat Agam bisa meningkat dan materi yang didapat bisa disampaikan ke masyarakat lainnya.

Tokoh Masyarakat Agam Martias Wanto menambahkan program yang dibawa Ade Rizki Pratama ini sangat bermanfaat.

"Persoalan kesehatan kurang mendapatkan perhatian, ketika sakit baru tau betapa pentingnya kesehatan," katanya .

Ia mengimbau warga untuk bagaimana menjaga tetap sehat dan hidup sehat mulai dari hamil sampai melahirkan dengan memberikan imunisasi kepada anak.