SPBU Batang Toman Pasaman Barat batasi kendaraan isi BBM

id Pasaman Barat, SPBU Pasaman Barat, Sumbar

SPBU Batang Toman Pasaman Barat batasi kendaraan isi BBM

Antrean kendaraan saat pengisian BBM di SPBU Batang Toman Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Pihak SPBU membatasi pengisian BBM agar tidak terjadi pelanggaran dan antrean kendaraan. Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Batang Toman Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat membuat aturan yang membatasi pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi kendaraan roda empat satu kali dalam satu hari dengan barcode MyPertamina.

"Aturan itu dalam rangka mengantisipasi kendaraan yang mengisi BBM secara berulang yang mengakibatkan terjadinya antrean panjang. Saat ini hanya diperbolehkan satu kali dengan nomor polisi yang sama," kata Pengawas SPBU 14.263.542 Batang Toman Suwardi di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan BBM yang pengisian dibatasi adalah BBM jenis pertalite dan bio solar.

"Kalau tidak sesuai barcode maka tidak akan dilayani oleh Petugas SPBU," kata Pengawas SPBU Batang Toman Suwardi.

Menurut dia, aturan itu sudah kita terapkan dalam dua hari ini dan hasilnya sangat terasa. Mobil yang diduga melakukan pengisian BBM yang berulang langsung hilang jadi tidak ada antrean panjang lagi di SPBU.

"Mobil yang melangsir mulai jauh berkurang. Antrean kendaraan tidak terjadi lagi," ujarnya.

Ia menyebutkan aturan itu diterapkan sesuai aturan Kepala BPH Migas No. 64/KPTS/KA/BPH MIGAS/KOM/2023 Tanggal 11 September 2023 tentang pedoman pembinaan hasil pengawasan kepada penyalur dalam pendistribusian jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan.

"Penyaluran BBM ke mobil pelangsir, tangki modifikasi, penyaluran berulang pada satu kendaraan yang terindikasi penimbunan atau penyalahgunaan merupakan pelanggaran," tegasnya.

Pihaknya tidak ingin melanggar aturan karena jika terbukti maka akan diberikan sanksi oleh pihak BPH Migas dan Pertamina berupa pengoperasian selama satu bulan dan apa bila ada kerugian materil dari masyarakat maka akan diganti.

Saat ini stok BBM di SPBU itu mencukupi dan tidak ada kendala. Setiap harinya BBM datang sebanyak 16 ton pertalite dan 24 ton bio solat, pertamax dan dexlite.

Sales Area Manager Sumatera Barat

PT Pertamina Patra Niaga Narotama Aulia Fazri sebelumnya mengatakan saat ini rata-rata kuota BBM jenis pertalite di masing-masing SPBU di Pasaman Barat sebanyak 16 ton per hari.

Ia menegaskan apabila terjadi pengisian ke pihak yg tidak berhak maka silahkan dilaporkan ke call center 135 .

"Jika memang ada laporan, kami akan cek kelapangan apakah penyaluran tersebut ada surat rekomendasinya atau tidak. Jika tidak kami akan berikan sanksi tegas," sebutnya.

Pihaknya juga sudah sering turun kelapangan mengawasi SPBU yang ada. Sejauh ini belum ditemukan ada indikasi pengisian BBM pakai jerigen tanpa adanya rekomendasi.