Dirut Bank Nagari: mimpi jangka panjang jadi KBMI II

id Bank nagari, sumbar

Dirut Bank Nagari: mimpi jangka panjang jadi KBMI II

Direkrut Utama Bank Nagari Gusti Chandra. (ANTARA/HO-Bank Nagari)

Padang (ANTARA) - Direkrut Utama Bank Nagari Gusti Chandra menyampaikan mimpi ke depan bagaimana bank kebanggaan masyarakat Minang bisa menjadi atau masuk Kelompok Bank Modal Inti (KBMI) II.

Kini Bank Nagari masih pada kategori KBMI 1 karena modal masih di bawah Rp6 triliun, sedangkan untuk KBMI 2 adalan untuk bank yang memiliki modal inti Rp6 triliun hingga Rp14 triliun, kata Gusti Chandra di Padang, Sabtu.

Hal ini disampaikannya saat ekspose Kinerja Bank Nagari semester 1 tahun 2024, pada 5 Juli 2024, turut hadir Direktur Keuangan Roni Edrian, Direktur Operasional Zilfa Efrizon dan Direktur Kepatuhan Sukardi, serta jajaran Komisaris dan unsur pimpinan devisi.

Dalam aturan POJK No.12/POJK. 03/2021, perbankan dikelompokkan dalam 4 kategori Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI).

KBMI 1 untuk bank yang memiliki modal inti kurang dari Rp6 triliun. KBMI 2 untuk bank yang memiliki modal inti Rp6 sampai Rp14 triliun.

"Kita kini masih pada posisi KBMI 1 karena modal yang dimiliki baru sekitar Rp3,6 triliun. Semoga kita diberi kemudahan ke depan bisa sampai ke KBMI 2,"kata Gusti.

Pihaknya tentu butuh dukungan semua pihak dan elemen dari masyarakat Sumatera Barat khususnya.

Ia menyampaikan, terkait menjadi oblikasi, menerbitkan sukuk, penguatan modal dan kebijakan-kebijakan lainnya menjadi perhatian ke depan.

Menuju mimpi besar itu, tambah dia, tentu harus juga ditopang dengan modal yang kuat. Semoga saja nantinya dapat terwujud.*