Gunung Marapi erupsi dengan amplitudo 30,3 mm durasi 48 detik

id erupsi Gunung Marapi

Gunung Marapi erupsi dengan amplitudo 30,3 mm durasi 48 detik

Penampakan erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat (Antara/Al Fatah)

Agam (ANTARA) - Gunung Marapi Sumatera Barat kembali mengalami erupsi pada Minggu (16/6) jam 19.29 WIB. Letusan dengan amplitudo 30,3 mm selama 48 detik itu mengagetkan warga di Kabupaten Agam.

"Di daerah Sungai Puar, Kabupaten Agam. Suaranya kuat terdengar dentuman disertai getaran di rumah-rumah warga," kata Anggota PMI Bukittinggi, Ahmad Jais.

"Di Bukit Batabuah Kecamatan Canduang juga terdengar kuat dari arah Cumantiang," kata Kepala Desa Bukit Batabuah, Firdaus menambahkan.

Petugas Gunung Api (PGA) Marapi di Bukittinggi, Ahmad Rifandi membenarkan getaran kuat dari erupsi ini menjadi yang tertinggi sepanjang Juni 2024.

"Benar ini yang terkuat di Juni. Amplitudo terbesar selama Juni pada Rabu (12/6) dengan angka 18,7 berdurasi 23 detik, sementara tinggi kolom abu tidak teramati karena tertutup kabut," kata Ahmad Rifandi.

Dari catatan PGA, hingga Minggu (16/6), Gunung Marapi (2.891) Mdpl mengalami erupsi sebanyak 28 kali dengan 332 hembusan.

Sejak mengalami erupsi utama di Minggu (3/12) 2023, tercatat jumlah korban mencapai 24 orang dari kalangan pendaki.

Sementara di Mei 2024, aliran lahar dingin menyebabkan banjir bandang dengan menimbulkan kerusakan parah di Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Padang Panjang disertai puluhan korban jiwa.

PGA tetap merekomendasikan warga untuk menjauhi Gunung Marapi yang masih berstatus Level III Siaga.

"Masyarakat di sekitar Marapi agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek)," kata Ahmad.

Ia menambahkan masyarakat yang bermukim di sekitar lembah aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.