Dinkes Pesisir Selatan lakukan kunjungan lapangan ke Nagari Painan Timur

id Dinkes Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar

Dinkes Pesisir Selatan lakukan kunjungan lapangan ke Nagari Painan Timur

Painan (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Selatan melakukan Kunjungan Lapangan di Nagari Painan Timur, Kecamatan IV Jurai yang dalam hal ini merupakan wilayah kerja Puskesmas Salido, Sabtu (8/6).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Intan Novia Nanda di Painan mengatakan, kegiatan Kunjungan Lapangan itu bertujuan untuk melihat gambaran nyata pelaksanaan posyandu siklus kehidupan yang dimulai dari Ibu hamil, bayi balita anak pra sekolah, remaja, usia produktif dan lansia.

Sedangkan peralatan yang dibawa oleh tenaga kesehatan dalam Kunjungan Lapangan itu adalah antropometri kit dan format kartu bantu laporan siklus kehidupan.

Disebutkan, Kunjungan Lapangan dibagi menjadi 6 kelompok, dan masing-masing kelompok mendapat tugas yang berbeda diantaranya, kelompok 1 di pendaftaran tugasnya melayani sasaran yang datang ke posyandu sesuai siklus kehidupan.

Kelompok 2 bertugas di penimbangan, kelompok 3 di pengukuran dan pencatatan. Selanjutnya, kelompok 4 bertugas di pelayanan melayani siklus kehidupan dan kelompok di penyuluhan.

Kemudian kelompok 6 melakukan kunjungan rumah, dan rumah yang dikunjungi sebanyak 2 unit rumah dan di sana didapatkan pula sasaran lansia dan usia produktif.

"Ya, dengan adanya Kunjungan Lapangan ini kita dapat melihat gambaran nyata pelaksanaan posyandu siklus kehidupan yang dimulai dari Ibu hamil, bayi balita anak pra sekolah, remaja, usia produktif dan lansia," katanya.