Pelatih Shin Tae-yong minta para pemain nikmati laga lawan Irak

id kualifikasi piala dunia 2026,timnas indonesia,irak,shin tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong minta para pemain nikmati laga lawan Irak

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) menjawab pertanyaan pewarta pada konferensi pers sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak, di Jakarta, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemain asuhannya untuk dapat menikmati pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6) besok.

Irak seolah menjadi momok bagi Indonesia. Dalam dua pertemuan terakhir melawan Irak, Indonesia dipecundangi 1-5 dari Irak pada pertemuan pertama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026, dan takluk 1-3 pada fase grup Piala Asia 2023.

Pada daftar peringkat FIFA, Irak yang berada di posisi ke-58 juga unggul jauh atas tim Indonesia. Indonesia saat ini hanya menempati peringkat ke-134.

“Sekarang para pemain semestinya bisa enjoy dan menikmati saja pertandingan besok lawan Irak, daripada kita takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa angka di peringkat FIFA itu hanya sekadar angka,” kata Pelatih Shin pada konferensi pers sebelum pertandingan di Jakarta, Rabu.

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan menilai bahwa hasil pertemuan melawan Irak bisa berbeda, seandainya pertandingan dipimpin dengan baik oleh wasit.

“Ketika ketemu Irak lagi di Piala Asia, waktu itu skornya 1-1, setelah itu Irak mencetak gol, saya masih berpikir itu adalah offside. Dan itu jika diputuskan offside dari wasit, kita tahu hasil kemarin seperti apa,” tutur mantan pelatih timnas Korsel itu.

Selisih posisi di daftar peringkat FIFA itu ditegaskan pelatih Shin sama sekali tidak membuat ia dan pasukannya merasa rendah diri.

“Memang secara peringkat FIFA berbeda jauh tetapi saya tetap memberikan motivasi kepada para pemain, dan bisa bermain dengan percaya diri, karena kami sudah kompak dan level kami sudah semakin meningkat,” tuturnya.

Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan koleksi tujuh poin, atau tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen, Irak. Tim Garuda hanya memerlukan satu kemenangan dari dua laga tersisa untuk dapat mengamankan tiket ke putaran ketiga.

Setelah bertanding melawan Irak, timnas Indonesia akan memainkan laga terakhir fase grup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina pada Selasa (11/6) mendatang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelatih Shin Tae-yong minta para pemain nikmati laga lawan Irak