Diminta segera bekerja, Ketua Bawaslu Pessel lantik 45 Anggota Panwaslu Kecamatan

id Bawaslu Pessel ,berita pessel,berita sumbar

Diminta segera bekerja, Ketua Bawaslu Pessel lantik 45 Anggota Panwaslu Kecamatan

Sebanyak 45 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu dilakukan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Afriki Musmaidi, Jumat (24/5) di Hotel Hannah Painan. (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Sebanyak 45 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu dilakukan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Afriki Musmaidi, Jumat (24/5) di Hotel Hannah Painan.

Pelantikan yang dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut dihadiri oleh Bupati Pessel, dengan diwakili Plt Kepala Badan Kesbangpol Pessel, Mulyandri, Plh Kepala Sekretariat Bawaslu Pessel, Mafral, Waka Polres Pessel, Kompol Alwi Haskar, Ketua KPU Pessel, Aswandi, serta anggota komisioner Bawaslu dan KPU Pessel, dan undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Pessel, Afriki Musmaidi dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panwas kecamatan yang sudah dilantik dan diharapkan bisa segera melaksanakan tugas sesuai dengan amanah undang-undang.

Dijelaskan bahwa Bawaslu Pessel telah melakukan rekrutmen panwaslu kecamatan melalui mekanisme yang diatur sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

"Kita dari Bawaslu sebelum melakukan rekrutmen, terlebih dahulu melakukan seleksi kinerja sehingga didapatkan 31 anggota panwaslu eksestik, dari 45 anggota yang ada. Namun dalam hal ini tidak ada istilah eksestik, sebab semua yang dilantik saat ini telah melalui proses, dan semuanya merupakan yang terbaik dari proses yang dilakukan," katanya.

Dia juga menegaskan agar dalam melaksanakan tugas anggota Panwaslu Kecamatan harus berani tegas tanpa memandang bulu demi tegaknya aturan pemilu. "Selain itu kita juga harus membangun komunikasi yang baik dengan semua stakeholder yang ada di kecamatan agar kita bisa meminimalisir berbagai persoalan yang berkemungkinan bisa terjadi ke depan," ingatnya.

Dia juga berpesan kepada semua anggota Panwaslu Kecamatan yang sudah dilantik agar segera melaksanakan tugas, sebab sudah banyak pekerjaan yang menanti. "Salah satunya saat ini adalah melakukan proses rekrutmen panwaslu kelurahan/desa yang masih sedang berjalan saat ini," ucapnya.

Dalam mengawal hak pilih masyarakat dia juga meminta kepada anggota Panwaslu Kecamatan supaya juga berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Tujuannya agar tidak ada hak pilih masyarakat yang sudah memiliki hak pilih yang terabaikan. Saya juga meminta kepada semua anggota Panwaslu kecamatan yang sudah dilantik agar menjaga nama baik dan marwah Bawaslu di mata masyarakat," ingatnya.

Plt Kepada Badan Kesbangpol Pessel, Mulyandri, dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada semua anggota Panwaslu Kecamatan yang sudah dilantik karena sudah lolos menjalani semua proses.

"Saya berharap kedepan agar tetap melakukan koordinasi supaya kelancaran dan tanggung jawab dalam bekerja bisa terlaksana dengan baik," ujarnya. Dalam kesempatan itu dia juga mengapresiasi semua anggota Panwaslu Kecamatan yang sudah dilantik saat ini. "Sebab akan segera pula melakukan seleksi terhadap calon anggota Panwaslu kelurahan/desa yang sudah dilakukan pengumuman rekrutmen nya saat ini," ungkap Mulyandri.