XL Axiata salurkan bantuan untuk korban banjir lahar dingin Marapi

id XL Axiata,banjir lahar dingin Gunung Marapi, XL Axiata West Region

XL Axiata salurkan bantuan untuk korban banjir lahar dingin Marapi

Padang (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Peduli menyalurkan bantuan untuk korban banjir lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu (19/5).

"Penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap korban yang terdampak oleh bencana banjir lahar dingin," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi dalam keterangan pers yang diterima di Padang, Rabu.

Ia mengatakan XL Axiata turut prihatin dengan bencana banjir lahar dingin gunung merapi yang melanda Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, karena berdampak pada warga sekitar gunung yang kini harus mengungsi ke area yang lebih aman.

Bantuan yang diserahkan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras, mi instan, telur, makanan kaleng, serta minyak goreng.

Penyerahan diserahkan langsung oleh perwakilan XL Axiata, Caretaker for Head Sales W-Central Sumatra 2 Toddy C Siburian yang bekerjasama dengan Yayasan Benihbaik kepada para korban di Posko Peduli Bencana Kecamatan Limo Kaum Tanah Datar, dan Posko Galuang Kecamatan Sungai Pua Agam.

Desy mengatakan bantuan darurat bencana yang diserahkan pihaknya sudah melalui koordinasi dengan aparat setempat.

Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban, dan mendoakan agar bencana yang terjadi segera berhenti sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali #JadiLebihBaik.

Desy juga memastikan jaringan XL Axiata di sekitar lokasi dalam keadaan aman, tidak terdampak secara signifikan dan terus beroperasi dengan normal sampai sekarang.

"Tim teknis terus berjaga memantau kondisi jaringan agar masyarakat dapat terus menggunakan layanan data dan berkomunikasi," jelasnya.

XL Axiata telah menyiapkan antisipasi antara lain siap genset dan rekayasa jaringan. Terkait jaringan, secara keseluruhan jaringan XL Axiata di wilayah bencana masih dalam kondisi aman. #AdaUntukIndonesia.

Banjir lahar dingin Gunung Marapi Sumbar berdampak pada empat daerah yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Akibat bencana ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga kini sebanyak 67 orang dilaporkan meninggal dunia sementara 20 orang hilang.

Pada bagian lain, karyawan XL Axiata melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) juga mengirimkan donasi darurat kepada warga terdampak banjir di Desa Limo Kaum dan Desa Perambahan, Kecamatan Limo Kaum, Tanah Datar.

Donasi langsung diserahkan oleh Caretaker for Head Sales W-Central Sumatra 2 Toddy C Siburian yang bekerjasama dengan Inisiatif Zakat Infonesia (IZI) kepada perwakilan masyarakat setempat.

Sementara itu karyawan XL Axiata West Region juga saat ini sedang melakukan pengumpulan donasi untuk membantu korban bencana banjir lahar dingin.