XL Axiata terus kembangkan jaringan 4G di Sumbar

id XL ,XlAxiata,Jaringan,Seluler,Internet,4G,Padang,Sumbar

XL Axiata terus kembangkan jaringan 4G di Sumbar

Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di Padang. ANTARA/HO-XLAXIATA

Padang (ANTARA) - Operator seluler XL Axiata terus mengembangkan jaringan 4G di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mendukung kebangkitan ekonomi serta pertumbuhan ekosistem digital.

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi menyebutkan hingga akhir November 2022 jaringan 4G pihaknya telah menjangkau 1.021 desa atau kelurahan di provinsi Sumbar.

"Seribu lebih desa yang sudah terjangkau layanan 4G itu berada di 150 kecamatan dan 18 kota atau kabupaten yang ada di Sumbar," kata Desy Sari Dewi, dihubungi dari Padang, Senin.

Ia mengatakan lewat perluasan jaringan data itu pihaknya ingin mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi digital masyarakat Sumbar.

"Dalam era digital saat ini ketersediaan jaringan internet yang cepat dan berkualitas adalah instrumen penting untuk menggerakkan ekonomi termasuk pariwisata daerah," jelasnya.

Menurutnya jaringan telekomunikasi serta data 4G sekarang telah menjadi infrastruktur utama untuk menopang digitalisasi di berbagai bidang.

Selain tingkat desa, katanya, jaringan 4G XL Axiata juga melayani jalur-jalur transportasi utama di Sumatera Barat seperti Padang - Bukittinggi, Bukittinggi - Pekanbaru, Padang - Pesisir Selatan, serta jalur tengah Trans Sumatera di Sumbar.

Desy mengatakan perluasan karingan akan terus dilakukan ke depannya agar layanan kian merata dan menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk sejumlah area destinasi wisata dan kawasan industri.

Hingga akhir tahun 2022 nanti pihaknya memproyeksikan penambahan 18 unit BTS demi mendukung perluasan jaringan.

Penambahan BTS akan dilakukan di Kota Padang, Kabupaten Agam, Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, Solok, Tanah Datar, Kota Payakumbuh, dan Dharmas Raya.

"XL Axiata senantiasa melakukan perluasan jaringan data secara berkelanjutan sehingga bisa menunjang seluruh aktivitas digital masyarakat Sumbar," jelasnya.

Ia menyebutkan jumlah pelanggan XL Axiata di Sumbar lebih dari 880 ribu pelanggan dengan infrastruktur lebih dari 3.250 ribu Base Transceiver Station (BTS), sekitar 2.000 di antaranya merupakan BTS 4G.