XL Axiata: lonjakan trafik Jam Gadang tertinggi saat libur Lebaran 2023

id Xl, jaringan xl, xl axiata

XL Axiata: lonjakan trafik Jam Gadang tertinggi saat libur Lebaran 2023

Teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS di Kota Padang, Sumbar. ANTARA/HO-XLAXIATA

Padang (ANTARA) - XL Axiata mencatat penggunaan trafik data di kawasan wisata Jam Gadang, Bukittinggi Sumatera Barat (Sumbar) menjadi yang paling tinggi untuk wilayah Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) yang mencakup Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau saat momen libur Lebaran 2023.

"Secara umum penggunaan trafik data di lokasi wisata meningkat saat libur Lebaran, namun yang paling tinggi terjadi di kawasan Jam Gadang dengan persentase mencapai 43 persen dibandingkan hari normal," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi dihubungi dari Padang, Jumat.

Ia mengatakan peningkatan trafik data di Jam Gadang Bukittinggi tidak terlepas dari tingginya animo serta mobilitas masyarakat untuk mengunjungi ikon kota Bukittinggi tersebut.

Setelah Jam Gadang, peningkatan selanjutnya terjadi di kawasan Lembah Harau yang merupakan andalan wisata milik Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar dengan besaran mencapai 28 persen.

Kemudian disusul oleh kawasan Tepi Laut Tanjung Pinang sebesar 23 persen, lalu kebun Binatang Bukittinggi sebesar 23 persen.

Peningkatan trafik data yang terjadi di sejumlah destinasi wisata Sumbar itu tidak terlepas dari potensi serta keindahan alam yang dimiliki oleh daerah berlambang "Tuah Sakato".

"Sejak awal kami telah mengantisipasi adanya peningkatan trafik data saat momen libur Lebaran, sehingga kebutuhan data pelanggan bisa tetap dipenuhi walaupun terjadi peningkatan trafik data," katanya.

Jika menilik per daerah, lanjut Sari, selama periode Lebaran 2023 peningkatan tertinggi terjadi di beberapa kabupaten di Sumbar yakni Pasaman sebesar 42 persen, Pesisir Selatan sebesar 40 persen, Tanah Datar sebesar 36 persen, dan Lima Puluh Kota sebesar 36 persen.

Kemudian disusul oleh Kabupaten Kuantan Singingi, Riau sebesar 26 persen, dan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau sebesar 22 persen.

Ia mengklaim keberhasilan XL Axiata dalam melayani pelanggan serta masyarakat sepanjang libur Lebaran 2023 berkat matangnya persiapan.

"Kami terus meningkatkan cakupan layanan dan kualitas jaringan data, kemudian membangun perluasan serta peningkatan kualitas infrastruktur jaringan baik BTS 4G ataupun fiberisasi di berbagai wilayah," jelasnya.

Ia memaparkan secara keseluruhan pihaknya pihaknya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dibandingkan hari normal, serta menerapkan prosedur pengawalan jaringan secara maksimal.

"XL Axiata bahkan mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan," jelasnya. ***1***