Cristiano Ronaldo pimpin skuad Portugal untuk Euro 2024

id Timnas Portugal,Euro 2024,Cristiano Ronaldo,Piala Eropa

Cristiano Ronaldo pimpin skuad Portugal untuk Euro 2024

Striker Portugal Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka pada kualifikasi Grup J Euro 2024 melawan Luksemburg di Stade de Luxembourg, 26 Maret 2023. (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)

Jakarta (ANTARA) - Pemilik lima Ballon d’Or Cristiano Ronaldo masih memimpin skuad Portugal untuk pergelaran Euro 2024 di Jerman.

Dalam skuad pilihan pelatih Roberto Martinez itu, Ronaldo yang menginjak usia 39 tahun menjadi satu dari tiga pemain berpengalaman Portugal bersama bek Pepe yang berusia 41 tahun dan kiper Rui Patricio yang berusia 36 tahun.

“Bangga bisa kembali mewakili Portugal di Euro,” kata Ronaldo, dikutip dari laman resmi Instagram-nya, Rabu.

Euro 2024 akan menjadi penampilan Euro keenam Ronaldo sepanjang karier profesionalnya. Ia kini telah mencetak 14 gol sepanjang lima partisipasinya di Euro dengan satu gelar yang diraih pada 2016 melawan Prancis yang bermain sebagai tuan rumah.

Di musim ini, meski sudah hampir kepala empat, bersama Al Nassr, Ronaldo masih subur dengan catatan 42 gol dan 13 assist dari 42 laga pada semua ajang.

Sementara itu, Martinez sebagai pelatih memanggil pemain-pemain Portugal untuk Euro 2024 terdiri dari pemain-pemain berpengalaman dan pemain-pemain muda.

Di sektor kiper, penjaga gawang Porto Diogo Costa menjadi pemain paling muda di antara Jose Sa dan Patricio yang sudah berkepala tiga.

Di posisi bek, Martinez memanggil nama-nama seperti Antonio Silva, Danilo Pereira, Diogo Dalot, Inacio, Pepe, hingga Ruben Dias.

Bruno Fernandes tetap menjadi andalan di posisi tengah bersama Palhinha, Ruben Neves, dan pemain muda 19 tahun Joao Neves.

Sementara untuk striker, Ronaldo memimpin lini serang bersama Bernardo Silva, Diogo Jota, Joao Felix, hingga Rafael Leao.

“Kami memiliki campuran pemain berpengalaman dan muda. Dan kombinasi sempurna,” kata Martinez dikutip dari Instagram resmi Portugal, Rabu.

Os Navegadores akan melakoni tiga laga uji coba di kandang sebelum memulai Euro 2024 dengan menghadapi Finlandia pada 5 Juni pukul 01.45 WIB di Stadion Jose Alvalade, menghadapi Kroasia pada 8 Juni 23.45 WIB di Centro Desportivo Nacional do Jamor, dan menghadapi Irlandia pada 12 Juni 01.45 WIB di Stadion Aveiro Municipal.

Di Euro 2024, Portugal berada di Grup F bersama Republik Ceko, Turki, dan Georgia.

Mereka akan memulai Euro dengan menghadapi Republik Ceko pada 19 Juni pukul 02.00 WIB di Red Bull Arena Leipzig, lalu Turki pada 22 Juni 23.00 WIB di Signal Iduna Park, dan Georgia pada 27 Juni pukul 02.00 WIB di Veltins-Arena.

Berikut skuad Portugal untuk Euro 2024:

Kiper: Diogo Costa, Jose Sa, Rui Patricio

Bek: Antonio Silva, Danilo Pereira, Dalot, Inacio, Cancelo, Nelson Semedo, Nuno Mendes, Pepe, Ruben Dias

Gelandang: Bruno Fernandes, Joao Neves, Palhinha, Otavio, Ruven Neves, Vitinha

Penyerang: Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Diogo Jota, Conceicao, Goncalo Ramos, Joao Felix, Pedro Neto, Rafael Leao

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cristiano Ronaldo pimpin skuad Portugal untuk Euro 2024