Baznas sediakan mobil klinik dan dapur layani korban bencana Sumbar

id Mobil klinik,Mobil dapur umum,Bencana Alam,Banjir Bandang,Banjir Lahar,Sumatera Barat

Baznas sediakan mobil klinik dan dapur layani korban bencana Sumbar

Para penyintas bencana alam Sumatera Barat memanfaatkan fasilitas mobil klinik yang disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI. ANTARA/HO-Baznas RI

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyediakan mobil klinik dan mobil dapur umum untuk melayani korban bencana banjir bandang di sejumlah lokasi di Sumatera Barat.

Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum mengatakan mobil dapur umum merupakan inovasi Baznas untuk melayani kebutuhan makanan segar bagi korban dan penyintas banjir bandang Sumatera Barat.

"Mobil ini didesain khusus dapat bergerak dan berpindah-pindah ke lokasi bencana, terutama yang sulit terjangkau dalam melayani mustahik," kata Mahdum dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Selain mobil dapur umum, Mahdum menambahkan Baznas juga menghadirkan inovasi terbaru dalam melayani mustahik yakni dengan mobil klinik.

Kehadiran mobil ini, kata dia, berfungsi untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada para mustahik di lokasi pengungsian yang sulit terjangkau, sebagaimana para korban banjir bandang Sumatera Barat.

"Jadi mereka tidak harus datang ke Baznas, tetapi Baznas yang langsung mendatangi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk para mustahik khususnya di daerah pengungsian," ujarnya.

Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat menjelaskan mobil klinik tidak hanya diperuntukkan di satu lokasi saja, namun dapat berpindah sesuai dengan kebutuhan dan tempat mustahik berada.

"Mobil klinik ini tidak satu tempat, bisa berpindah-pindah sehingga bagi para pengungsi ataupun mustahik yang tidak memungkinkan datang ke Baznas, Baznas bisa datangi satu persatu," ucapnya.

Diketahui, Baznas RI telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu banjir bandang Sumatera Barat dengan mendirikan dapur umum yang menyediakan lebih dari 1.400 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah terdampak yaitu Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, dan Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, Baznas RI juga ikut melakukan pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua serta mendirikan dapur air di Kp. Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam untuk memastikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat.

Tim Baznas juga telah menyalurkan selimut, sembako, pembuatan jembatan darurat, dan bantuan lainnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas sediakan mobil klinik dan dapur layani korban bencana Sumbar