Dishub: Terminal Simpang Empat Pasaman Barat siap sambut pemudik

id Terminal Simpang Empat Pasaman Barat,Berita pasbar,Berita sumbar

Dishub: Terminal Simpang Empat Pasaman Barat siap sambut pemudik

Sejumlah kendaraan menurunkan penumpang di Terminal Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat. Terminal itu berlahan berbenah siap menyambut pemudik libur lebaran, Rabu (3/4/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyatakan kesiapan Terminal Simpang Empat dalam menyambut pemudik saat libur Lebaran 1445 Hijriah.

"Persiapan telah kita lakukan. Mulai pembersihan terminal sampai menimbun atau memperbaiki jalan terminal yang tergenang air," kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakarudin di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan saat ini aktifitas terminal masih seperti biasa dan belum ada lonjakan penumpang.

"Kendaraan umum yang biasanya lalu lalang di terminal ada sekitar 50 unit kendaraan dalam provinsi dan antar provinsi," katanya.

Ia memperkirakan puncak mudik ke Pasaman Barat akan terjadi satu hari jelang lebaran. Pihaknya juga masih memantau apakah ada pemudik yang pulang bersama atau istilahnya "pulang basamo".

"Terminal sudah siap menerima pemudik. Juga personel Dinas Perhubungan juga diturunkan setiap hari memantau di terminal," katanya.

Pihaknya juga menyediakan dua unit bus untuk membantu masyarakat yang ingin mudik jika kendaraan umum tidak mencukupi.

"Kita siap antarkan masyarakat untuk mudik dalam provinsi. Untuk luar provinsi kami belum sanggup," katanya.

Ia mengimbau kepada para supir bus agar memperhatikan keselamatan penumpang dengan melengkapi kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, lampu, kaca film, kondisi dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Kita dalam dua hari ini melakukan uji kelaikan kendaraan yang ada. Bagi yang tidak layak maka tidak boleh beroperasional. Bagi yang tidak lengkap surat-surat maka Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat akan menindak," sebutnya. ***1***