Pemprov Sumbar dukung stadion Agus Salim jadi home base SPFC

id SPFC,Pemprov Sumbar,Agus Salim,Mahyeldi

Pemprov Sumbar dukung stadion Agus Salim jadi home base SPFC

Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima kunjungan jajaran PT Semen Padang dan SPFC. (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan PT Semen Padang memiliki kesamaan harapan agar tim kebanggaan Ranah Minang, Semen Padang FC (SPFC) tetap berkandang di Stadion H. Agus Salim (HAS) pada kompetisi Liga 1 musim depan.

"Semen Padang FC adalah klub kebanggaan masyarakat Sumbar. Memiliki sejarah panjang di kancah sepak bola nasional dan terus ada di hati masyarakat. Tentu saja Pemprov terus mendukung dan berharap SPFC berkandang di Stadion H. Agus Salim (HAS)," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Minggu.

Ia mengatakan Pemprov Sumbar dan PT Semen Padang akan mempercepat pembahasan beberapa detil kesepakatan yang perlu dimatangkan untuk memastikan kesiapan Stadion H. Agus Salim laik sebagai home base Si Kabau Sirah di Liga 1.

"Pemprov Sumbar juga menyambut baik rencana renovasi stadion untuk memenuhi standar Liga 1. Untuk teknis penyewaan stadion, akan segera kita finalkan. Jangankan untuk jangka pendek setahun dua tahun, justru kita berharap Semen Padang FC berkandang selama-lamanya di GOR H. Agus Salim. Sebab ini tidak saja soal sepakbola, tapi sudah soal sejarah dan nilai," katanya.

Gubernur memastikan, bahwa dukungan Pemprov Sumbar kepada SPFC akan terus diberikan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, gubernur pun meminta semua pihak untuk menyatukan suara mendukung SPFC, sehingga prestasi terbaik dapat dihasilkan.

"Kita berterima kasih kepada semua pihak atas perhatian kepada Semen Padang FC. Termasuk perhatian legislator kita di Senayan. Mari terus sama-sama mendukung klub kebanggaan kita," katanya.

Sementara itu Dirut PT Semen Padang, Indrieffouny Indra menyatakan kunjungannya bersama CEO PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Win Bernardino, dan Kadep Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar, untuk menyampaikan kepada Gubernur Mahyeldi bahwa SPFC telah memastikan diri lolos ke Liga 1 Indonesia, yang pekan pertamanya akan digelar pada Juli 2024.

"Saat ini, kami sedang menyiapkan tim, mulai dari pemain hingga pelatih, agar kemudian mampu bersaing di Liga 1. Bukan sekadar mampir saja di Liga 1. Selain itu, secara teknis kami juga bersiap-siap, termasuk untuk home base, Semen Padang FC tetap ingin berkandang di Stadion H. Agus Salim," ucap Indrieffouny.

Namun demikian, sambungnya, berdasarkan aturan standar stadion yang ditetapkan PT LIB selaku regulator liga, maka Stadion H. Agus Salim memang harus direnovasi agar layak sebagai pentas pertandingan Liga 1.

Mulai dari rumput lapangan, bench, kursi penonton tribun terbuka, ruang ganti pemain, papan skor digital, penambahan lampu, videotrone, dan lain sebagainya.

"Ini yang kita laporkan kepada gubernur, termasuk soal biaya penyewaan stadion kepada Pemprov Sumbar. Tentu kita sangat berharap dukungan dari Pemprov, karena memang secara historis Semen Padang FC ingin terus berkandang di Stadion H. Agus Salim," ujarnya.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sumbar dukung stadion Agus Salim jadi home base SPFC