Timnas AMIN minta bunyikan kentongan pada hari pencoblosan pemilu

id anies cak imin

Timnas AMIN minta bunyikan kentongan pada hari pencoblosan pemilu

Pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) saat diwawancarai wartawan di kediaman dinas Cak Imin di Widya Chandra, Jakarta Selatan jelang debat cawapres di JCC pada Jumat (22/12/2023). ANTARA/Hendri Sukma Indrawan.

Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) meminta para pendukung untuk membunyikan kentongan pada hari pencoblosan pemilu 14 Februari 2024.

"Bunyi pukulan kentongan 5 dan 7 atau 57," kata Deputi Relawan dan Partisipasi Publik Timnas AMIN Bambang Sutejo di Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu.

Dia menjelaskan kentongan merupakan alat bunyi-bunyian yang berasal dari bambu atau kayu berongga, dibunyikan dan dipukul oleh tongkat pemukul tepat di bagian tengah badannya, untuk menyatakan tanda waktu, makna bahaya hingga mengumpulkan warga jika mendesak.

"Dibunyikannya kentongan juga sebagai tanda ajakan untuk menuju ke tempat pemungutan suara (TPS), memberikan hak suara kepada pasangan nomor urut 1, Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar," katanya menegaskan.

Dia mengatakan kentongan itu telah disiapkan di setiap Posko TPS Gerakan Rakyat, yang berada di tempat terdekat dengan lokasi TPS pemilu 2024. Alasan lain, kata dia, bunyi kentongan 57, sebagai penanda dan pengingat agar pasangan AMIN bisa menang sekali putaran pemilu 2024 dengan target suara 57 persen.

Bambang mengingatkan kembali bahwa kemenangan AMIN tidak ditentukan dari Jakarta, tetapi seberapa besar perolehan suara yang didapatkan di TPS. Dia berharap suara yang diamanahkan rakyat itu dapat dikawal dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

"Walaupun hanya satu suara di TPS, tetapi itu sangat berarti untuk mendukung kemenangan AMIN. Suara itu adalah amanah dari rakyat Indonesia yang menginginkan perubahan," ungkapnya.

Penegasan itu berulang kali disampaikan Bambang saat meresmikan sejumlah Posko TPS Gerakan Rakat di wilayah Solo Raya, sejak Jumat-Minggu 22-24 Desember 2023. Solo Raya merupakan bekas Karesidenan Surakarta, meliputi Kota Surakarta dan daerah penyangga seperti Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

"Untuk kabupaten dan kota di Solo Raya, kami menargetkan perolehan suara 30-35 persen," kata Bambang menegaskan.

Baca juga: Timnas AMIN arahkan relawan perketat penjagaan TPS

Baca juga: Timnas AMIN tergetkan 30 persen suara di Solo Raya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Timnas AMIN minta bunyikan kentongan hari pencoblosan pemilu