Capres Anies yakin bisa rebut banyak suara di Jawa Tengah

id anies baswedan

Capres Anies yakin bisa rebut banyak suara di Jawa Tengah

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (tengah) menyapa para pendukungnya sebelum konsolidasi Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) di Jakarta, Kamis (21/12/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.)

Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan meyakini bahwa akan merebut banyak suara di wilayah Jawa Tengah (Jateng) meski kerap diklaim sebagai basis dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang mengusung calon nomor urut tiga Ganjar-Mahfud.

Hal itu disampaikan Anies saat menghadiri acara Istighosah Kubro Masyayich & Alumni Pondok Pesantren Lirboyo Cabang ke-20 Semarang dan deklarasi dukungan untuk Anies-Muhaimin (AMIN) di Kabupaten Semarang, Jateng, pada Minggu.

"Sekarang posisi dimana rakyat menginginkan perubahan, dan perubahan itu bukan terkait dengan ideologi atau terkait dengan basis, tapi terkait dengan kebutuhan pokok, nasib, lapangan kerja," ujar Anies saat diwawancarai wartawan usai kegiatan.

Ia menjelaskan, basis kerap dikaitkan dengan dengan latar belakang, gerakan tradisional, atau ikatan kepartaian dan sosiologis. Namun, saat ini masyarakat lebih menginginkan perubahan kondisi ekonomi dan memikirkan kebutuhan pokok dibanding dengan ikatan basis kepartaian.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, saat berkampanye berkeliling wilayah di Jateng, masyarakat selalu menyuarakan perubahan kondisi menyangkut kebutuhan pokok, terbukanya lapangan kerja, dan subsidi pupuk untuk petani.

"Kami cukup optimistis bahwa pertimbangan-pertimbangan itu makin hari makin mewarnai masyarakat dalam mengambil sikap ke depan," tutur Anies.

Khusus untuk persentase dukungan, Timnas AMIN masih mengkaji sejauh apa kemajuan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir, lanjut dia.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu menambahkan, melalui visi-misi perubahan yang digaungkannya bersama cawapres Muhaimin, kondisi buruk perekonomian masyarakat saat ini akan segera dibenahi bila terpilih memimpin Indonesia pada 2024.

Diketahui, dukungan sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah terus mengalir untuk paslon AMIN. Terbaru, Ponpes Lirboyo Cabang ke-20 Semarang dan para alumni pesantren juga telah dideklarasikan pada Minggu siang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Gus Imin: Dulu dukung IKN karena berharap investasi besar masuk

Baca juga: Ganjar: Sudah pensiun jadi gubernur ternyata masih sama menyenangkan

Baca juga: Timnas tak permasalahkan aduan warga ke polisi terkait akronim Amin

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies yakin bisa rebut banyak suara di Jawa Tengah