Pemkot Pariaman operasikan perpustakaan daerah Februari 2024

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Pemkot Pariaman operasikan perpustakaan daerah Februari 2024

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman, Sumbar Muhammad Syukri sedang diwawancara oleh wartawan di depan gedung Perpustakaan Daerah Kota Pariaman. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menargetkan mengoperasikan perpustakaan daerah Februari 2024 agar bangunan dengan anggaran sekitar Rp8 miliar dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tersebut dapat segera dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Tahun ini perpustakaan tersebut selesai, dan langsung kami operasikan pada Februari 2024. Perpustakaan Nasional pun juga meminta agar perpustakaan ini segera dioperasikan setelah selesai dibangun," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman, Muhammad Syukri di Pariaman, Rabu.

Ia menyebutkan pada 2023 Pariaman mendapatkan pembangunan perpustakaan dari Perpusnas senilai Rp10,3 miliar yang sekitar Rp10 miliar di antaranya digunakan untuk bangunan dan pagar sedangkan Rp300 juta digunakan untuk sarana teknologi informasi dan komputer. Perpusnas juga akan membantu pengadaan perabot dan koleksi buku pada 2025.

Namun karena 2025 masih lama maka Pemkot Pariaman menganggarkan dana untuk pembelian perabot dan sarana lainnya agar gedung itu dapat beroperasi pada 2024.

Selain itu, lanjutnya Pemkot Pariaman juga memindahkan sebagian besar koleksi buku yang dimiliki daerah itu ke Perpustakaan Daerah Pariaman. Setidaknya koleksi buku yang miliki Pemkot Pariaman sekitar sembilan ribu.

Ia menyampaikan perpustakaan tersebut tidak saja digunakan sebagai tempat menyimpan dan membaca buku tapi juga literasi yang dilengkapi berbagai pelatihan.

"Dulu membaca untuk menambah ilmu namun sekarang membaca untuk kesejahteraan," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya Perpustakaan Daerah Pariaman yang berada di jalan Bypas Pariaman tersebut dilengkapi berbagai sarana yang tidak saja untuk membaca namun juga ruang pertemuan dan pelatihan serta bioskop untuk memutar video-video edukasi.

Sebelumnya, realisasi pembangunan fisik perpustakaan daerah representatif di Kota Pariaman, Sumatera Barat dengan nilai anggaran sekitar Rp8 miliar hampir 50 persen.

"Kontraktor mengusahakan pembangunan perpustakaan selesai sesuai kontrak yaitu November 2023. Namun jika ada perpanjangan kontrak maka pengerjaan selesai paling lambat Desember," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pariaman M. Syukri di Pariaman.

Ia mengatakan jika pembangunan fisik perpustakaan yang dibangun di jalan By Pas Pariaman tersebut selesai maka akan langsung dioperasikan sebagai perpustakaan dan perkantoran.

Ia menyampaikan terkait koleksi buku untuk sementara pihaknya akan memindahkan sebagian koleksi di Perpustakaan Umum Daerah Mr. H. St. Mohd. Rasjid di Pantai Gandoriah sambil menunggu pengadaan buku khusus untuk perpustakaan yang sedang dibangun tersebut.