UM Sumatera Barat komitmen berkontribusi positif gerak pencerahan di Ranah Minang dan nasional

id UM Sumatera Barat,Berita sumbar,Berita bukittinggi

UM Sumatera Barat komitmen berkontribusi positif gerak pencerahan di Ranah Minang dan nasional

Rektor UM Sumatera Barat, Riki Saputra (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat berkomitmen untuk terus berkontribusi positif dalam gerak pencerahan di Ranah Minang atau Sumatera Barat hingga ke tingkat nasional. Kampus ini optimis mampu mencetaj generasi emas 2024.

"UM Sumatera Barat yang memiliki motto “For a Bright Future” merupakan satu dari 172 perguruan tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah di Indonesia yang tetap memberikan kontribusi positif dalam melakukan gerak pencerahan di Ranah Minang dan nasional," kata Rektor UM Sumatera Barat di Bukittinggi, Senin.

Ia menegaskan sejauh ini UM Sumatera Barat telah banyak mencetak alumninya yang ikut aktif di masyarakat dalam berbagai sektor mulai dari bidang sosial, pendidikan, politik dan sebagainya.

"Dalam kerangka itu UM Sumatera Barat terus berkomitmen membumi dan berupaya agar tidak terjebak di puncak menara gading pengetahuan," kata dia

Ia mengungkapkan, bagi mahasiswa baru, setidaknya terdapat delapan alasan mengapa UM Sumatera Barat menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai tempat berkuliah.

Diantaranya, yaitu banyak mahasiswa yang berprestasi, tersedianya ruang kreatifitas mahasiswa yang memadai, sedang giat melakukan pembangunan, adanya pembinaan spiritual keagamaan kepada mahasiswa, sudah go internasional.

"Banyak staf pengajar lulusan luar negeri, tersedianya banyak pilihan prodi dan lokasi strategis, terletak di empat kota di Sumatera Barat," katanya.

Ia menyebut lada tanggal 11 Desember 2023, gelombang pertama penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 resmi dibuka.

"Ada hal yang berbeda dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini, yaitu gelombang pendaftaran dibuka untuk tiga gelombang dengan dua jalur pendaftaran, yakni tes dan non tes," katanya.

Pendaftaran gelombang pertama, dimulai 11 Desember 2023 s/d 30 Maret 2024, gelombang kedua mulai 1 April 2024 hingga 30 Juni 2024 serta gelombang ketiga berlaku tanggal 1 Juli 2024 sampai10 Oktober 2024.

“Bahwa dibukanya tiga gelombang pendaftaran tahun ini lebih ditujukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada calon mahasiswa baru guna menentukan pilihannya bergabung bersama salah satu universitas swasta terbaik di Sumatera Barat ini”.

Untuk memudahkan calon mahasiswa baru, UM Sumatera Barat membuka dua bentuk pendaftaran, yaitu online via website resmi kampus.

Serta pendaftaran offline, dimana calon mahasiswa baru dapat langsung mendaftar di Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kampus 1 Padang beralamat Jalan Pasir Kandang No.04 Koto Tangah Padang dan Kampus III Bukittinggi terletak di Jalan By Pass Aua Kuniang.

“Pendaftaran online ini dipilih guna memberi pelayanan prima pada calon mahasiswa baru agar dapat melakukan pendaftaran kapan saja dan dimana saja mereka berada. Akan tetapi, bagi mereka yang ingin daftar offline tentu saja dengan senang hati kami tunggu dan kami bantu di dua lokasi pendaftaran PMB baik di Kampus I Padang maupun Kampus III Bukittinggi”, kata Riki Saputra.