Ganjar-Mahfud dapat nomor 3 spontan gaya metal-senyum sumingrah

id PDIP,Ganjar Pranowo ,Mahfud Md

Ganjar-Mahfud dapat nomor 3 spontan gaya metal-senyum sumingrah

Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. saat penetapan nomor urut untuk Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. mendapatkan nomor urut tiga berdasarkan hasil pengundian di Komisi Pemilihan Umum 2024 di Kantor KPU RI, Selasa malam.

Setelah mendapatkan nomor urutan ketiga, Ganjar spontan memberikan simbol tangan metal di depan para hadirin yang datang.

Untuk diketahui, PDIP tak hanya identik dengan logo banteng, namun salam metalnya yang turut diperlihatkan saat Rakernas.

Salam metal ini sendiri sudah menjadi ciri khas dari PDIP sejak lama. Tak jarang, para kader PDIP menunjukkan salam metal ini di dalam event besar.

'Metal' sendiri merupakan kependekan dari merah total. Partai yang identik dengan simbol banteng ini juga identik dengan warna merah darah seperti warna merah di bendera Indonesia.

Selain itu, salam metal ini sering digunakan oleh para aktivis dalam gerakan melawan rezim otoriter pada Pemilu 1987 silam.

Definisi lain dari salam metal ini juga sebagai simbol harapan terhadap setiap kader untuk terus memperjuangkan hak rakyat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ganjar-Mahfud dapat nomor 3 spontan gaya metal-senyum sumingrah