Pemkab Agam serahkan bantuan 13.433 ternak bagi 37 kelompok tani

id Dinas Pertanian Agam,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam serahkan bantuan 13.433 ternak bagi 37 kelompok tani

Bupati Agam Andri Warman sedang melihat ternak. Dok Diskominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat menyerahkan bantuan sebanyak 14.433 ekor ternak kepada 37 kelompok tani di daerah itu pada 2023, dalam meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Agam Afniwirman di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan bantuan 14.433 ekor ternak yang diserahkan itu dengan rincian ayam sebanyak 5.000 ekor untuk 11 kelompok tani, itik 8.200 ekor untuk 18 kelompok tani, kambing 222 ekor untuk lima kelompok tani dan sapi 11 ekor untuk tiga kelompok tani.

"Bantuan ini telah kita serahkan kepada 37 kelompok tani yang tersebar di 16 kecamatan," katanya.

Ia mengatakan, Dinas Pertanian Agam juga menyalurkan bantuan mesin tetas satu unit untuk satu kelompok tani.

Afniwirman berharap kelompok tani memelihara ternak dan merawat mesin yang diberikan dengan baik.

Dengan kondisi itu, beberapa tahun kedepan ternak bertelur maupun beranak, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Ini tujuan dari bantuan yang kita berikan, sehingga bisa menambah pendapat anggota kelompok," katanya.

Ia mengakui, populasi ternak jenis sapi di Agam sebanyak 31.784 ekor dan kerbau 13.330 ekor.

Agar ternak tersebut tidak tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Pemkab Agam mengadakan gebyar peternakan dan kesehatan hewan pada 2023.

Kegiatan itu dalam upaya mendukung optimalisasi pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sehingga ternak terbebas dari penyakit tersebut.

"Kegiatan yang dilakukan pada gebyar tersebut berupa pelaksanaan vaksinasi PMK, penandaan dan pendataan pernak. Setelah itu pemeriksaan dan melakukan pengobatan massal pada ternak, pemberian vitamin dan obat cacing," katanya.