Sekda: mari perangi diri dalam ketinggalan perkembangan teknologi

id sekda pessel,berita pessel,berita painan,berita sumbar

Sekda: mari perangi diri dalam ketinggalan perkembangan teknologi

Sekda: mari perangi diri dalam ketinggalan perkembangan teknologi (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan Menyelenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Tanda Tangan Eletronik dan Penggunaan Aplikasi BeSIGN/Fanter Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023 dilaksanakan selama 2 hari tanggal 23-24 Oktober 2023, yang dilaksanakan di Gizella Hotel,Pasar Baru Bayang, Senin (23/10).

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Mawardi Roska yang dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo, Pemateri/Narasumber, dan seluruh Wali Nagari yang ada di lingkup se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam sambutanya Sekda menyampaikan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan dan Tim sehingga terlaksananya sosialisasi ini, Sekda menjelaskan di era yang semakin canggih ini semua serba teknologi digital, Masyarakat yang hidup dengan teknologi digital terus menerus mendapatkan peningkatan kualitas hidup.

“Jika kita abai dalam pembaharuan ini, maka kita akan ketinggalan dari perkembangan teknologi, mari Perangi diri dalam penolakan terhadap pembaharuan dan perubahan sebagai tuntutan di era zaman now.” jelas Sekda.

Sekda juga menambahkan Tanda tangan elektronik selain tidak menyulitkan, metode ini sangat praktis dan efisien. Selain itu meski praktis dan efisien, aspek keamanan tetap menjadi prioritas utama.

“Kita semua juga perlu memahami jika Tanda Tangan Elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah. Oleh karena itu, perlu juga adanya edukasi tentang cara membedakan keaslian atau validitas tanda tangan elektronik.’’ Pungkasnya.

Selanjutnya penyampaian laporan kegiatan oleh Kepala Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo,ia menyampaikan Peserta yang mengikuti Sosialisasi ini berjumlah 182 orang yang dihadiri oleh Wali Nagari/Sekretaris Nagari se Kabupaten Pesisir Selatan dan Narasumber Sosialisasi dihadirkan dari Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan.

“Acara ini bertujuan agar Pejabat nagari dapat memahami, mengerti Tanda Tangan Elektronik dan dapat menggunakan Aplikasi BeSIGN.” ungkapnya.

Dalam Kegiatan ini dihadirkan 3 pemateri yaitu pemateri l Mardhiatul Ihsaniah, S.Kom yang menyampaikan materi “Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronikbn (TTE) pada Layanan Pemerintahan Berbasis Elektronik”,Pemateri ll Muhammad Azmi Riyan, S.Kom menyampaikan materi tentang “Sosialiasi Aplikasi BeSign”,dan Pemateri lll Al Muhammad Yazin S.Kom menyampaikan materi “Verifikasi TTE pada Layanan Aplikasi BeSign.”

"Semoga Kegiatan Sosialisasi ini berjalan sesuai rencana, dan seluruh peserta dapat mengaplikasikan ilmu dan dapat diterapkan di masing masing Pemerintah Nagari.'' tutup Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo.