Direktur Keuangan dan SDM PT Pertamina Trans Kontinental sabet penghargaan Indonesia Best CFO 2023 dari SWA

id Pertamina Trans, PTK, Best CFO

Direktur Keuangan dan SDM PT Pertamina Trans Kontinental sabet penghargaan Indonesia Best CFO 2023 dari SWA

Direktur Keuangan & SDM PTK Bersama Dirut PTK I Ketut Laba. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), Afan Aftory memperoleh penghargaan Indonesia Best Chief Financial Officer (CFO) 2023. Penghargaan ini merupakan ajang pemilihan CFO atau Direktur Keuangan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Mengangkat tema “Orchestrating Financial Resources & Strategy to Achieve Top Performance”, kegiatan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA ini dilaksanakan pada Rabu, 4 Oktober 2023 dimulai dengan penyampaikan penilaian, diskusi panel, dan acara puncak awarding.

Dalam diskusi panel tersebut, Afan Aftory memaparkan tentang tantangan yang dihadapi dalam mengelola keuangan dan bagian SDM yang begitu kompleks. Selain itu, pemaparan mengenai inovasi-inovasi di bidang keuangan juga disampaikan seperti sistem digitalisasi dalam pengelolaan laporan antar fungsi di PTK yang terintegrasi dalam tools executive dashboard.

Afan juga memaparkan beberapa strategi keuangan yang di implementasikan selama menjabat diantaranya cost optimization and revenue enhancement, focus on problem solving, strategic legal standing, commercial and mutual benefit, accounting standard work out for better implementation and figure, strategic tax compliance and planning on operational and business development, asset optimization going concern and future income.

“Penghargaan ini tentunya menjadi pemicu bagi saya agar senantiasa memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan selalu menghadirkan inovasi. Tentunya invosi yang memiliki nilai bagi share holder dan Stakeholder PTK,” ujar Afan Aftory setelah memperoleh penghargaan.

Kemal Effendi Gani selaku Chief SWA Media Group dan juga perwakilan penyelenggara event ini menyampaikan bahwa penilaian dalam ajang ini begitu kompleks. Dewan juri yang terlibat pun berasal dari latarbelakang ilmu yang mumpuni, seperti guru besar dari universitas terkemuka di Indonesia sampai pakar keuangan.

Hal tersebut dihadirkan untuk memastikan CFO yang terpilih betul-betul merupakan CFO terbaik. Penghargaan ini pun sekaligus menjadi apresiasi bagi para pemimpin keuangan yang secara peran begitu besar di perusahaan. Memegang peran yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja sekaligus pertumbuhan perusahaan dalam bidang keuangan.

Direktur Utama PTK, Bapak I Ketut Laba turut hadir dalam acara pemilihan bergengsi bagi CFO ini. Selain itu, Bapak Surya Tri Harto selaku Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT Pertamina International Shipping (PIS) juga hadir memberikan support penuh kepada peraih penghargaan Indonesia Best CFO 2023 yang salah satunya dari PTK selaku anak perusahaan dari PIS, Sub Holding Integrated Marine Logistics.

Hal ini tentunya angin segar bagi pemegang pemimpin di bidang keuangan. Bahwa kinerja yang dikerahkan bukan semata-mata hanya untuk perusahaan, namun juga berdampak baik bagi perusahaan lain bahkan masyarakat luas.

Tentunya berbagai macam program yang dipaparkan dan menjadi kriteria peraih Best CFO dapat menjadi pembelajaran bagi lainnya. Terlebih program-program yang memanfaatkan teknologi di era disrupsi saat ini.

“Selamat kepada Bapak Afan Aftory atas penghargaan yang diraih dalam Indonesia Best CFO 2023. Penghargaan ini menjadi motivasi agar kedepannya makin banyak program-program yang memberikan kontribusi bagi perusahaan. PTK bangga atas penghargaan ini, dan semoga kedepannya makin banyak dari pimpinan lain yang bisa memberikan nilai lebih. Sehingga menjadikan PTK sebagai perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” tutup I Ketut Laba.