Pemkot Padang gandeng Blue Bird wujudkan transportasi berbasis listrik

id Trans Padang, bus listrik, hendri septa

Pemkot Padang gandeng Blue Bird wujudkan transportasi berbasis listrik

Wali Kota Padang, Hendri Septa mendukung rencana transportasi publik berbasis listrik. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng PT Big Bird Pusaka (Blue Bird) untuk mewujudkan transportasi publik modern yang ramah lingkungan, melalui penggunaan armada bus listrik sebagai armada Trans Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Rabu, mengatakan pemanfaatan bus listrik sebagai armada baru Trans Padang bertujuan untuk menjadikan Kota Padang sejajar dengan kota-kota maju lainnya di dunia.

"Keberadaan bus listrik pada hakikatnya bukan semata-mata pengganti moda transportasi, tetapi merupakan wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, karena dengan bus listrik, kita dapat mengurangi polusi udara," katanya.

Ia mengatakan itu usai menyaksikan penandatangan nota kesepahaman antara Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Alvino Marta dengan PT Big Bird Pusaka (Blue Bird) yang diwakili Commercial Service Director Coody Johasman Madjid tentang Penjajakan Kerja Sama Bidang Transportasi.

Hendri Septa berharap dengan bus listrik sebagai armada baru Trans Padang, dapat menjadikan Kota Padang sebagai pilot projek bagi kota-kota lain di pulau Sumatera, yang belum menggunakan kendaraan umum ramah lingkungan.

"Kami berharap kepada PT Big Bird Pusaka untuk dapat merealisasikan kerja sama ini, lebih jauh tidak hanya sebatas pada MoU saja. Kami dari Pemerintah Kota Padang sangat berharap armada bus listrik sebagai armada Trans Padang dapat terwujud nantinya," katanya.

Direktur Utama Perumda PSM Alvino Marta mengatakan pihaknya sebagai perpanjangan tangan pemerintah siap mewujudkan keinginan Pemerintah Kota Padang untuk menjadikan bus listrik sebagai armada baru Bus Trans Padang.

"Kita siap menggunakan transportasi publik berbasis listrik," katanya.

Mewakili PT Big Bird Pusaka Commercial Service Director Coody Johasman Madjid menyampaikan nota kesepahaman ini merupakan salah satu langkah besar yang dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk menjadikan kota ini lebih maju dan modern.

"Jika hal ini terwujud, Kota Padang termasuk kota yang mengawali penggunaan armada bus listrik untuk transportasi publik di Sumatera," ujarnya.