Hari lahir Sumbar dimeriahkan dengan Minangkabau Bersepeda

id Minangkabau Basapeda

Hari lahir Sumbar dimeriahkan dengan Minangkabau Bersepeda

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon menyusuri rute Minangkabau Basapeda di sekeliling Danau Singkarak. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Peringatan Hari Lahir ke-78 Provinsi Sumatera Barat dimeriahkan dengan Minangkabau Bersepeda dengan rute mengelilingi Danau Singkarak yang terletak di perbatasan Kabupaten Tanah Datar dan Solok.

"Minangkabau Bersepeda kita gelar mengelilingi Danau Singkarak pada 30 September 2023. Garis start dan finis di Dermaga Danau Singkarak," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon di Padang, Kamis.

Ia menyebut rute yang diambil mengelilingi Danau Singkarak itu diperkirakan memiliki jarak tempuh hingga 53 kilometer. Sepanjang jalan, pesepeda akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang memukau.

"Kita estimasikan pesertanya bisa ribuan orang karena semua pecinta sepeda bisa ikut serta. Saat ini pesepeda yang menyatakan akan ikut tidak hanya datang dari Sumbar tetapi juga dari provinsi tetangga. Sekarang kita sudah matangkan rute yang akan dilewati," katanya.

Ia menyebut, konsep Minangkabau Bersepeda adalah "happy fun", tidak kompetisi. Hal itu agar peserta bisa mengikuti dengan nyaman dan bisa menikmati keindahan Sumbar.

Meski demikian, panitia tetap menyediakan banyak hadiah bagi peserta, di antaranya 78 sepeda. Selain itu juga menyediakan hadiah lainnya.

"Untuk jalur yang dilewati kita sudah survei dan dipastikan kondisi jalannya sudah bagus," katanya.

Untuk menggelar kegiatan ini, Pemprov Sumbar menggandeng Pemerintah Kabupaten Solok, Kota Solok dan Tanah Datar.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumbar, Doni Rahmat Samulo mengatakan selain Minangkabau Bersepeda, dalam rangkaian Hari Lahir ke-78, Pemprov Sumbar juga akan memberikan penghargaan pada tiga orang/lembaga yang dinilai berjasa dalam bidang sejarah perjuangan daerah dan bidang pembangunan daerah pada 2023.

Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi terhadap pihak yang berperan dalam pembangunan daerah.

Berdasarkan Perda Sumbar Nomor 4 Tahun 2019, Hari Jadi Sumatera Barat jatuh pada 1 Oktober 1945.*