Kapolres: anggota harus perhatikan perilaku dalam Operasi Zebra Singgalang 2023

id Operasi Zebra Singgalang 2023 pasbar,berita pasbar,berita sumbar, Polres Pasaman Barat

Kapolres: anggota harus perhatikan perilaku dalam Operasi Zebra Singgalang 2023

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki saat melakukan pengecekan persiapan kendaraan dalam Operasi Zebra Singgalang 2023, Senin (4/9/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat AKBP Agung Basuki menekankan kepada anggota agar memperhatikan sikap dan perilaku dalam pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2023 agar dapat meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

Menurutnya ada beberapa penekanan kepada personel yang terlibat Operasi Zebra Singgalang 2023, antara lain lakukan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan kemacetan, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas.

"Kemudian laksanakan bimbingan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar) melalui giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan sticker," ujarnya di Simpang Empat, Senin.

Selain itu juga sosialisasi melalui media cetak, elektronik dan media sosial serta laksanakan operasi ini dengan persuasif, humanis, dan simpatik.

Ia mengingatkan anggota agar menghindari sikap perilaku dan tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku yang menyakiti hati masyarakat, sehingga berdampak berkurangnya kepercayaan dan simpati masyarakat kepada Polri khususnya Polisi Lalulintas.

"Perhatikan attitude dan perilaku anggota dilapangan. Tetap jaga sopan santun dan profesionalisme. Jangan ada lagi polisi lalulintas bekerja tidak sesuai prosedur," tegasnya.

Ia menjelaskan Operasi Zebra Singgalang 2023 ini digelar dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta menurunkan angka pelanggaran yang berdampak kepada turunnya angka kecelakaan lalulintas.

Operasi Zebra Singgalang 2023 ini akan digelar selama 14 hari. Terhitung mulai dari tanggal 4 September 2023 sampai tanggal 17 September 2023.

Ia menekankan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang tahun ini, Polri khususnya Polres Pasaman Barat mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta penindakan kepada pelanggaran kasat mata, maupun teguran secara simpatik dan humanis dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat.

*Berikan teguran dengan simpatik dan kedepankan sikap humanis dalam memberikan edukasi tertib berlalu lintas. Keselamatan berkendara agar disiplin masyarakat dalam berlalulintas dapat meningkat," harapnya.

Pada Senin (4/9) pagi Polres Pasaman Barat telah melaksanakan apel gabungan gelar pasukan di halaman polres setempat dengan tema kamseltibcarlantas yang kondusif menuju Pemilu damai 2024.

Apel gelar pasukan itu dihadiri oleh pihak terkait mulai dari TNI Kodim 0305/Pasaman, personel Kompi 3 Batalyon B Sat Brimob Polda Sumbar, anggota Sat Lantas Polres Pasaman Barat, Sat Pol PP, Basarnas, BPBD dan Dishub Pasaman Barat.

Juga dilakukan pengecekan kendaraan dinas dan kendaraan instansi terkait untuk mendukung pelaksanaan Ops Zebra Singgalang 2023.***2***