Erick Thohir dukung langsung Garuda Muda di final Piala AFF U-23

id Erick Thohir,Timnas u23,piala aff

Erick Thohir dukung langsung Garuda Muda di final Piala AFF U-23

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjawab pertanyaan para pewarta di lapangan latihan A, komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan dukungan langsung kepada Timnas Indonesia U-23 yang akan bertanding melawan Vietnam pada babak final Piala AFF U-23 2023 yang berlangsung di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Sabtu.

"Mau kasih support dan doa kepada tim nasional yang luar biasa bisa masuk babak final. Apalagi saya dapat kabar hari ini pemainnya hanya 16 orang yang bisa main," kata Erick Thohir melalui keterangan tertulis, Sabtu.

Erick bertolak ke Thailand bersama Waketum PSSI Zainudin Amali dan Exco PSSI Arya Sinulingga pada Sabtu siang.

Menteri BUMN itu mengaku bangga melihat tim asuhan Shin Tae-yong bisa menembus laga puncak dengan menaklukkan tuan rumah, Thailand di semifinal, 3-1 pada Kamis malam.

Namun, Erick melihat upaya Beckham Putra Nugraha dkk untuk meraih gelar juara bukan perkara mudah karena yang akan dihadapi oleh Garuda Muda pada partai puncak adalah Vietnam yang menunjukkan permainan apik sejauh ini.

Oleh karena itu, di tengah berbagai kesibukannya, Erick tetap ingin memberikan dukungan secara langsung untuk memotivasi para pemain.

Kesuksesan Indonesia melaju ke babak final memang di luar dugaan. Terutama keberhasilan Alfeandra Dewangga dkk untuk memastikan tiket itu dengan menaklukkan Thailand di kandangnya sendiri dengan materi pemain yang terbatas.

Kemenangan Indonesia atas Thailand di kandang timnas negeri Gajah Putih itu adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sejak 38 tahun silam. Sebab itu, Erick percaya apapun bisa terjadi di lapangan selama pemain mau bermain maksimal.

"Ya itulah Indonesia, dengan segala kekurangan, kita Fight! Dulu pakai bambu runcing saja bisa. Apalagi ini, kita coba lah. Mohon doa ya, hasilnya apapun yang terbaik. Sudah luar biasa ya para pemain kita, pelatih kita," ujarnya.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui beberapa pemain mengalami cedera setelah laga terakhir melawan Thailand. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Vietnam, tapi Shin mendapatkan kesulitan karena beberapa pemain mengalami cedera.

Kendati demikian, ia mengungkapkan tim Garuda Muda punya semangat tinggi untuk membawa pulang trofi Piala AFF U-23.

"Jadi kami hanya memiliki sedikit pemain yang tersedia. Tetapi masih ada pemain yang bisa bermain. Dan mereka sangat bersemangat dalam antusias untuk memenangkan turnamen ini," kata Shin Tae-yong.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick Thohir dukung langsung Garuda Muda di final Piala AFF U-23