Lapas Kelas IIA Bukittinggi raih penghargaan IKPA KPPN

id Lapas Kelas IIA Bukittinggi, IKPA KPPN,berita bukittinggi,berita sumbar

Lapas Kelas IIA Bukittinggi raih penghargaan IKPA KPPN

Lapas Bukittinggi menerima penghargaan sebagai Satker pengelola keuangan terbaik dari KPPN Bukittinggi, Sumbar (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bukittinggi, Sumatera Barat meraih penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dari penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) 2023.

"Alhamdulillah, penghargaan untuk Lapas Bukittinggi di semester satu 2023 sesuai kegiatan arahan Peraturan Menteri Keuangan nomor 227/PMK.09/2021 Tahun 2021 tentang pengendalian gratifikasi di lingkungan kementerian keuangan," kata Kepala Lapas Bukittinggi, Marten, Rabu.

Ia menyebut kegiatan ini diikuti oleh ratusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) Satuan Kerja (Satker) mitra kerja di KPPN Bukittinggi.

"Terdiri dari 176 Satuan kerja di enam kabupaten dan kota yaitu Bukittinggi, Agam, Padang Panjang,Tanah Datar, Payakumbuh dan Limapuluh Kota," kata dia.

KPPN mengapresiasi kepada Satuan Kerja yang dapat mematuhi tata kelola keuangan yang baik dan akuntabel.

"Penilaian IKPA Semester I Tahun 2023 dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan jumlah alokasi batas pengeluaran tertinggi yang dikelola oleh Satker," kata Kepala KPPN Bukittinggi, Khairil Indra, Rabu.

Ia mengatakan batas tertinggi atau pagu besar dengan total pagu di atas Rp 10 miliar, pagu sedang di atas Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar dan pagu kecil di bawah Rp 5 miliar.

"Indikator yang dinilai ada delapan poin yakni Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), Deviasi DIPA, Penyerapan Anggaran, Belanja Kontraktual, Penyelesaian Tagihan, pengelolaan Uang Persediaan (UP) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP) dispensasi SPM dan Capaian Output," katanya menjelaskan.

Lapas Kelas IIA Bukittinggi menyabet penghargaan sebagai Peringkat Terbaik 2 Penilaian IKPA Satker Kategori Pagu Belanja Besar Periode Semester I Tahun 2023.

Sejalan dengan itu Lapas Kelas IIA Bukittinggi juga mendapat penghargaan khususnya Kalapas Bukittinggi, Marten, selaku Kuasa Pengguna Anggaran meraih peringkat II Nilai IKPA Kategori Pagu Belanja besar Periode Semester I Tahun 2023.

“Diharapkan melalui pengumuman penilaian IKPA Tahun 2023, dapat memotivasi bagi Satker lingkup wilayah pembayaran KPPN Bukittinggi untuk dapat memberikan kinerja pelaksanaan anggaran yang terbaik," kata Khairil Indra.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada para peraih IKPA terbaik Semester I Tahun 2023, namun kami harap prestasi ini tidak berhenti sampai disini saja dan menjadi cambuk bagi Lapas Bukittinggi untuk meraih prestasi-prestasi lain dalam pengelolaan keuangan Satker,” pungkasnya.