Sekda Pesiisr Selatan Serahkan Penghargaan KPAI Kepada Kadis Dukcapil

id Sekda Pesiisr Selatan,berita pessel,berita sumbar

Sekda Pesiisr Selatan Serahkan Penghargaan KPAI Kepada Kadis Dukcapil

Sekda Pesiisr Selatan Serahkan Penghargaan KPAI Kepada Kadis Dukcapil (ANTARA/HO-Humas Pemkab Pesisir Selatan)

Painan (ANTARA) - Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska menyerahkan penghargaan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Evafauza Yuliasman Dt. Tigo Lareh ketika apel pagi di halaman kantor bupati setempat, Senin (31/7).

Mawardi Roska mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan yang melaksanakan kegiatan pemenuhan dokumen hak dasar anak berupa akta lahir dan KIA, dimana pencapaiannya telah melampaui target nasional.

"Saya minta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan mempertahankan prestasi tersebut. Kemudian melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Evafauza Yuliasman Dt. Tigo Lareh mengatakan, penghargaan dari KPAI ini akan didedikasikan untuk segenap staf Disdukcapil, baik staf yang di kantor pusat maupun semua staf UKL Kecamatan yang mengabdi tanpa batas.

"Penghargaan bergengsi dari KPAI ini diraih Disdukcapil yang telah melakukan pemenuhan dokumen hak dasar anak berupa akta lahir dan KIA, dimana pencapaiannya telah melampaui target nasional," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya terus melayani dan membahagiakan masyarakat dengan sepenuh hati. "Cinta istri Kartu Keluarga buktinya, sayang anak Akta Kelahiran wujudnya dan jaga diri KTP caranya. Dalam hal ini, kami juga memaksimalkan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat," ungkapnya.

Disebutkan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan juga terus memaksimalkan berbagai inovasi aplikatif administrasi kependudukan dengan komitmen pelayanan membahagiakan masyarakat.

Menurutnya, program itu juga difokuskan pada warga yang memiliki keterbatasan mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil seperti Lansia. Kemudian pelaksanaan di lapangan bekerjasama dengan register nagari yang merupakan jaringan kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Disebutkan, animo masyarakat mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil makin tinggi. Hal ini hendaknya dibarengi dengan pelayanan yang semakin baik. "Disdukcapil berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat yang berurusan merasa terlayani," ucapnya.

Evafauza Yuliasman juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan agar memanfaatkan program inovasi Dinas Dukcapil, karena program ini sangat membantu masyarakat dari sisi waktu, efisiensi biaya dan jarak, karena dalam program inovasi ini dokumen kependudukan tersebut diantar langsung ke rumah masyarakat.

"Saat ini dokumen kependudukan menjadi hal sangat mendasar bagi negara dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Negara butuh data penduduk yang valid dalam melaksanakan perencanaan pembangunan baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM)," tutupnya.