Ketua TP-PPK Dharmasraya raih Satyalencana Wira Karya

id Ketua TP-PPK Dharmasraya,berita Dharmasraya ,berita sumbar

Ketua TP-PPK Dharmasraya raih Satyalencana Wira Karya

Dewi Sutan Riska saat menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya, di Musi Banyuy, Sumatera Selatan. (Antara/HO-Kominfo Dharmasraya).

Pulau Punjung (ANTARA) - Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya, Dewi Sutan Riska menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya (SWK) 2023 karena telah memberikan kontribusi dan dukungan dalam pengelolaan program paket kencana, pengentasan kemiskinan, menggerakkan ekonomi masyarakat serta percepatan penanganan stunting.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden Maruf Amin dalam puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan(Sumsel), Kamis (6/07).

"Pertama saya berterimakasih kepada pak bupati atas dukungannya kepada TP PKK, sehingga hasil kerja kami mendapat apresiasi dari Bapak Presiden Jokowi," kata Dewi Sutan Riska, di Pulau Punjung, Jumat.

Selain itu, lanjut dia menyampaikan rasa bangganya kepada pengurus dan kader di dari tingkat kabupaten sampai nagari yang telah berkerjasama dalam melaksanakan program-program.

"Apa yang terima hari ini merupakan buah dari kesetiaan dan kesediaan seluruh pihak untuk bekerjasama dalam memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Dharmasraya," katanya.

Ia mengatakan TP-PKK dinilai telah berperan dalam melakukan berbagai upaya percepatan penanganan stunting dengan mencarikan bapak asuh bagi anak stunting. Saat ini, ada 240 orang bapak asuh anak stunting tersebut.

Selain itu, lanjut dia, TP-PKK juga sukses menyelenggarakan kegiatan pemecahan Rekor MURI memasak 11.790 butir telur menjadi 2.725 makanan, yang merupakan bagian dari kampanye gemar mengkonsumsi makanan bergizi dalam upaya menekan angka gagal tumbuh kembang di Kabupaten Dharmasraya.

"Alhamdulillah kami satu-satunya penerima Satyalencana Wira Karya di Sumbar," katanya.

Sebelumnya, Bupati Dharmasraya Sutan Riskamenerima Satyalencana Wira Karya 2020 karena telah berperan aktif menyukseskan Program Bangga Kencana melalui perencanaan Kampung KB secara sinergis dan terintegrasi.

Sutan Riska saat itu juga dinilai mendukung Program Lansia berupa Gerakan Lansia Produktif Saiyo Sakato Beringin Sakti (GL Pro Sasabesa), serta dapat menekan angka stunting, sehingga tercipta SDM berkualitas, keluarga mandiri, tangguh, sehat dan berdaya guna di Kabupaten Dharmasraya.

Satyalencana Wira Karya merupakan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada Negara dan Bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.