TPID Sumbar lakukan sembilan langkah jitu kendalikan inflasi

id TPID Sumbar,Padang,Sumbar,padang

TPID Sumbar lakukan sembilan langkah jitu kendalikan inflasi

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra. ANTARA/Mario Sofia Nasution.

Padang (ANTARA) - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Barat melakukan sembilan langkah jitu dalam mengendalikan inflasi di provinsi tersebut sepanjang Juni 2023.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra di Padang, Sumbar, Rabu mengatakan realisasi inflasi tahunan Sumatera Barat yang membaik karena sinergi yang kuat dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Barat.

“Kita berhasil mengendalikan harga dengan memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi terutama pada periode Idul Adha 1444 Hijriah,” kata dia.

Ia mengatakan sembilan upaya yang dilakukan sepanjang Juni 2023 yang pertama adalah melakukan perumusan strategi pengendalian inflasi dan kedua menggelar gelar pangan murah serentak di 19 kota dan kabupaten.

Langkah ketiga menyelenggarakan operasi pasar murah secara intensif di kota dan kabupaten dan keempat melakukan pemantauan harga dan pasokan satgas pangan di beberapa pasar tradisional.

Kemudian upaya kelima melakukan pendistribusian beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) serta menjaga stok pangan komersil oleh BULOG.

Ia menambahkan upaya keenam dengan intensif melakukan distribusi komoditas pangan strategis melalui mobil boks keliling Toko Tani Indonesia Center (TTIC) dan melakukan penguatan kerja sama antar dan intra daerah.

Ketujuh melanjutkan gerakan tanam di pekarangan rumah masyarakat atau urban farming dan langkah kedelapan melakukan penguatan koordinasi tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Upaya terakhir yakni melakukan komunikasi efektif dalam rangka menjaga ekspektasi inflasi.

Ia mengatakan TPID provinsi serta kabupaten dan kota berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi agar inflasi indeks harga konsumen dapat terkendali dalam sasarannya.

“Sinergi terus dilanjutkan dengan memperkuat implementasi program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Barat tahun 2023,” kata dia

Sebelumnya perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan dua kota di Provinsi Sumatera Barat pada Juni 2023 mengalami deflasi. Berdasarkan Berita Resmi Statistik yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, IHK umum Sumatera Barat tercatat deflasi sebesar 0,03 persen secara month to month menurun dibandingkan realisasi Mei 2023 yang mengalami inflasi 0,38 secara month to month.

Sementara secara tahunan, inflasi pada Juni 2023 sebesar 2,95 persen secara tahunan dan turun dibandingkan dengan realisasi Mei 2023 yang sebesar 4,19 persen secara year on year.