Pemkab Agam bangun pengolahan AMDK senilai Rp2,9 milliar

id Pemkab Agam,AMDK agam,Berita agam

Pemkab Agam bangun pengolahan AMDK senilai Rp2,9 milliar

Lokasi pembangunan AMDK di Banda Baru, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Dok Kominfo Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membangun pabrik pengolahan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan nilai kontrak Rp2,9 miliar pada 2023, untuk bisa dinikmati masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam, Ofrizon di Lubuk Basung, Senin, mengatakan pengolahan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK itu dibangun di Bandar Baru, Kecamatan Lubuk Basung.

"Tender telah selesai dengan pemenang PT Giwam Group Construksindo dan kontrak kerja selama 180 hari kalendar," katanya.

Ia mengatakan, dana untuk AMDK itu sebesar Rp2,9 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) transfer umum ke Anggaran Pendapatan dam Belanja Daerah (APBD) Agam pada 2023.

Dana itu digunakan untuk bangunan dan pengadaan peralatan.

"Pembangunan AMDK tersebut merupakan program unggulan Bupati Agam Andri Warman, disamping pembangunan Masjid Sirah di Muaro Mati Kecamatan Tanjung Mutiara pada 2023," katanya.

Ia berharap pembangunan AMDK tersebut berjalan sesuai dengan rencana, agar hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Sementara Bupati Agam Andri Warman menambahkan dengan adanya AMDK tersebut, maka produk yang dihasilkan nanti bakal disajikan saat kegiatan pemerintah.

"Sekarang AMDK produk lain yang disajikan dan setelah bangun selesai, maka produk kita disajikan," katanya.

Ia mengakui, program unggulan mulai dijalankan pada tahun ini dengan jumlah dua kegiatan berupa Masjid Sirah dan AMDK.

Program unggulan tersebut terlambat pelaksanaan akibat COVID-19 melanda, sehingga APBD difokuskan dalam penanganan pandemi tersebut dan program tidak maksimal berjalan.

"Dengan tidak adanya perkembangan COVID-19, maka program unggulan tersebut kita jalankan," katanya.