Polres Pasaman Barat ingatkan pekerja migran jangan terjebak perdagangan orang

id Polres Pasaman Barat ,berita pasbar, pekerja migran pasbar,berita sumbar

Polres Pasaman Barat ingatkan pekerja migran jangan terjebak perdagangan orang

Polres Pasaman Barat ajak masyarakat atau pekerja migran waspada tindak pidana perdagangan orang. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat mengingatkan pekerja migran atau masyarakat berhati-hati dan waspada sehingga tidak menjadi korban tindak pidana perdagangan orang terutama melalui perekrutan pekerja keluar negeri.

"Hindari jebakan perdagangan orang dengan fenomena maraknya kasus perdagangan orang saat ini, terutama melalui perekrutan pekerja migran," kata Kepala Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan para pelaku perdagangan orang tidak hanya menyasar orang-orang yang berpendidikan rendah juga sudah mengarah ke orang berpendidikan tinggi.

Menurutnya masyarakat harus waspada karena modus yang dilakukan berupa menawarkan pekerjaan di luar negeri dengan bantuan pengurusan paspor, memberangkatkan korban dengan visa dengan modus kunjungan dan membekali tiket pulang pergi.

Kemudian menyelundupkan korban ke negara lain bukan tujuan yang ditawarkan di awal, mengikat dengan kontrak kerja dalam bahasa yang tidak dipahami korban serta menempatkan korban di lokasi yang tertutup.

"Itu modus yang sering dilakukan dalam tindak pidana perdagangan orang. Jangan mudah percaya dengan tawaran dari perusahaan penempatan pekerja migran," ujarnya.

Jika ada masyarakat yang ragu dengan perusahaan penempatan pekerja lain diharapkan segera melapor ke Polres Pasaman Barat melalui call center 110 dengan WhatsApp 082251168184.

Pihaknya juga berharap kerja sama semua pihak termasuk dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dalam melakukan sinergi program dan kegiatan dalam rangka perlindungan terhadap pekerja migran agar tidak terjebak dalam TPPO.

"Pemberantasan perdagangan orang perlu kita lakukan dari hulu ke hilir. Hal itu harus dimiliki dari penguatan program pencegahan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi dan tidak terjebak dalam perdagangan orang," harapnya. ***2***