Tingkatkan pemahaman K2 Generasi Muda, PLN adakan edukasi K2 di sekolah

id PLN, listrik

Tingkatkan pemahaman K2 Generasi Muda, PLN adakan edukasi K2 di sekolah

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok menyelenggarakan edukasi ketenagalistrikan sekaligus pembinaan praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Sungai Rumbai. (ANTARA/HO-PLN)

Pulau Punjung (ANTARA) - Tingkatkan pemahaman ketenagalistrikan generasi muda, PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sungai Rumbai, unit kerja di bawah kordinasi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok menyelenggarakan edukasi ketenagalistrikan sekaligus pembinaan praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Sungai Rumbai, Rabu (31/5).

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PLN tidak hanya bertugas memberikan pelayanan kelistrikan yang baik dan andal bagi masyarakat, namun juga diharapkan dapat bersumbangsih dalam kemajuan masyarakat, seperti berpartisipasi dalam mencerdaskan generasi muda.

Melalui kegiatan yang diikuti oleh 150 siswa ini, PLN mengedukasi mengenai dasar-dasar pelayanan kelistrikan, aset-aset kelistrikan, dan potensi bahaya listrik. Disampaikan Abdul Aziz, Manager PLN UP3 Solok, PLN Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) adalah pemahaman yang perlu diketahui oleh seluruh masyarakat umum, dimulai dari generasi muda.

‘’Terkadang kita tidak menyadari bahwa beberapa kebiasaan atau aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dapat memicu potensi bahaya kelistrikan. Padahal listrik dan seluruh perangkatnya adalah kebutuhan primer yang dapat kita jaga bersama. Edukasi ketenagalistrikan seperti ini harapannya meningkatkan penerapan K2 di masyarakat,’’ lanjut Aziz.

Beberapa aktivitas yang dapat dihindari untuk mencegah potensi bahaya listrik adalah bermain di dekat jaringan listrik, menyentuh aliran listrik saat tangan basah, penggunaan stop kontak yang menumpuk, dan membakar sampah di bawah jaringan listrik.

Jika menemukan potensi bahaya listrik yang harus ditindak cepat oleh petugas PLN, siswa-siswi dapat melaporkan melalui PLN Mobile.

‘’Aplikasi PLN Mobile telah dirancang sesederhana mungkin untuk dapat digunakan semua kalangan. Mulai dari siswa hingga dewasa kami yakin bisa menggunakannya. Mari bekerjasama dengan PLN melaporkan potensi bahaya melalui aplikasi ini. Semua layanan kelistrikan juga sudah tersedia pada aplikasi PLN Mobile,’’ tutur Aziz.

Sebagai upaya membekali siswa-siswi SMK siap memasuki dunia kerja, PLN turut kenalkan IT PLN dan pembinaan praktek kerja industri kepada seluruh siswa.

‘’Teman-teman dari PLN ULP Sungai Rumbai juga berkesempatan menyampaikan informasi mengenai pengenalan budaya kerja industri. Kepada seluruh siswa-siswi yang berminat di bidang kelistrikan, kami ajak untuk ikuti seleksi dan bergabung di IT PLN,’’ jelas Aziz juga.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sungai Rumbai, Nur Khamdi mengatakan, kegiatan edukasi ini tentu akan sangat bermanfaat bagi siswa siswinya, khususnya siswa yang memang membidangi listrik.

‘’Terima kasih PLN, saya berharap kegiatan seperti ini dapat sering dilaksanakan di sekolah kami maupun sekolah-sekolah lainnya. Demi semakin banyaknya siswa yang teredukasi tentang ketenagalistrikan,’’ sampainya kemudian.*