Pemkab Dharmasraya-Batanghari jalin kerjasama percepatan pembangunan

id Pemkab Dharmasraya,Pemkab Batanghari,Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan,Berita sumbar

Pemkab Dharmasraya-Batanghari jalin kerjasama percepatan pembangunan

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan (kanan) dan Bupati Batanghari Muhammad Faghil Alif (kiri) usai menandatangani perjanjian kerjasama antara dua daerah tersebut, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya. (Antara/HO-Kominfo Dharmasraya) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemkab Batanghari, Jambi menjalin kerjasama dalam rangka percepatan pembangunan daerah di berbagai bidang.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Pulau Punjung, Rabu, mengatakan, kerjasama tersebut dilakukan dalam empat ruang lingkup diantaranya pendidikan, ekonomi, industri ekowisata, dan bidang lainnya.

"Kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalisasikan sumber daya yang ada," katanya.

Perjanjian kerjasama antara dua daerah tersebut telah ditandatangani Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Bupati Batanghari Muhammad Faghil Alif, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (16/5).

Ia menjelaskan kerjasama bidang pendidikan akan dilaksanakan melalui pelatihan keterampilan berdasarkan unit kompetensi, kedua peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dibidang pengembangan program informasi dan teknologi,

Ketiga bidang perhubungan koperasi ekonomi sosial budaya dan infrastruktur usaha kecil dan UMKM agribisnis, dan industri ekowisata, serta program lain yang disepakati sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. .

"Kesepakatan ini diharapkan dapat menjadi sebuah langkah positif, demi menghasilkan pelayanan publik yang nantinya akan menguntungkan semua pihak," katanya.

Sementara, Bupati Batanghari Muhammad Faghil Alif berharap kesepakatan tersebut menjadi wujud sinergitas dalam pelaksanaan pembangunan yang berkeadilan dan demokratis dengan memanfaatkan potensi daerah.

Hal tersebut, sambung dia merupakan sebuah langkah positif demi menghasilkan pelayanan publik yang nantinya akan menguntungkan semua pihak.

"Kami sangat menyadari bahwa kesepakatan bersama yang kita bangun saat ini merupakan potensi yang bernilai strategis untuk bersama-sama kita optimalkan. Dalam mendukung terwujudnya Batanghari tangguh terdepan, agamis, nyaman, gotong-royong bermutu, dan harmonis," katanya.

Selain itu juga, tambah dia Bupati mengingatkan seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam kesepakatan untuk saling berkoordinasi dengan perangkat daerah masing-masing. Sehingga apa yang menjadi tujuan pelaksanaan kesepakatan bersama ini dapat tercapai.