KAI: Penumpang Kereta Api di Sumbar naik 40 persen saat Idul Fitri

id PT KAI Sumbar,Sumbar,Penumpang Kereta Api di Sumbar naik 40 persen,penumpang Kereta Api di Sumbar naik 40 persen saat Id

KAI: Penumpang Kereta Api di Sumbar naik 40 persen saat Idul Fitri

Asisten Manajer Humas PT KAI Divre II Sumbar Yudi (ANTARA/Melani)

Padang (ANTARA) - PT KAI (Persero) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat mencatat terjadi kenaikan pengguna jasa kereta api di daerah setempat selama Libur Idul Fitri 1444 Hijriah sebesar 40 persen dibanding tahun lalu.

Asisten Manajer Humas PT KAI Divre II Sumbar Yudi di Padang, Minggu mengatakan, selama masa angkutan Lebaran tahun 2023 dari tanggal 14 April hingga 22 April 2023 jumlah penumpang kereta api sudah mencapai 35.870 orang.

“Angka ini naik dari tahun lalu sekitar 40 persen, yang mencapai 25.974 penumpang,” kata dia.

Ia mengatakan KAI Divre II Sumbar memperkirakan jumlah penumpang kereta api akan terus meningkat di masa libur lebaran.

Dalam hal ini PT KAI Divre II mengantisipasi kenaikan penumpang ini dengan menambah sebanyak tiga gerbong kereta api untuk rute Padang-Pariaman dan sebaliknya.

Ia menyebutkan kenaikan jumlah penumpang terjadi pada Hari Ray Idul Fitri Sabtu (23/4) dengan jumlah penumpang 4.234 orang.

“Kita lihat nanti, mudah-mudahan lonjakan semakin meningkat dan kita disini juga menambahkan ada tiga kereta ekonomi yaitu ada tiga kereta penumpang untuk KA Sibinuang,” kata dia.

Ia menambahkan untuk kenyamanan penumpang, PT KAI menyediakan sejumlah fasilitas penunjang bagi penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan.

“Mulai dari arena bermain bagi anak hingga ruang khusus laktasi dan pos kesehatan bagi penumpang kereta api,” kata dia. ***3***