Polresta Padang andalkanposko pengamanan berantas pungli

id Polresta Padang,Berita sumbar,Posko pengamanan padang,Berita padang,Operasi Ketupat Singgalang padang

Polresta Padang andalkanposko pengamanan berantas pungli

Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap (tengah) saat meninjau Posko Pengamanan yang didirkan dalam Operasi Ketupat Singgalang 2023.ANTARA/FathulAbdi

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengandalkan Posko Pengamanan yang sudah dibentuk pihaknya selama Operasi Ketupat Singgalang 2023 untuk memberantas Pungutan liar (Pungli) di kota setempat dalam momen libur Lebaran.

"Warga masyarakat yang mengalami tindakan pungli silahkan melapor ke Posko-posko yang sudah kami bentuk di berbagai titik," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Ferry Harahap di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan setiap laporan yang masuk dari warga masyarakat akan direspon serta ditindak lanjuti oleh personel yang bertugas di posko.

Ferry memaparkan ada sebelas posko yang bisa dimanfaatkan oleh warga untuk melapor, dengan rincian enam Posko Pengamanan dan lima Posko Pelayanan.

"Sejumlah Posko pengamanan serta Posko pelayanan sengaja kami dirikan di sekitar lokasi wisata atau keramaian untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan masyarakat dalam momen libur Lebaran, salah satunya Pungli" jelasnya.

Posko tersebut di antaranya adalah Posko pengamanan Masjid Al-Hakim yang didirikan di kawasan Pantai Padang, Posko Danau Cimpago yang bisa diakses pengunjung danau Cimpago serta kawasan Pantai Muaro Lasak.

Kemudian ada juga Posko Pelayanan Pantai Air Manis, serta posko Pasar Raya Padang, Basko Grand mall, Plaza Andalas, serta Transmart.

"Kami berharap posko-posko yang telah dibentuk dapat menjaga rasa aman, ketentraman serta ketertiban bagi masyarakat di Padang," jelasnya.

Posko pengamanan serta pelayanan yang didirikan Polresta Padang sudah dioperasikan sejak Selasa (18/4) hingga 1 Mei 2023 mendatang.

Kepolisian mengingatkan agar tidak ada oknum-oknum yang melakukan tindakan Pungli kepada warga Padang ataupun pengunjung wisata apapun jenis dan bentuknya.

"Mari sama-sama kita jaga rasa aman dan citra yang positif bagi Kota Padang, salah satunya sebagai daerah yang bebas dari Pungli, katanya.

Ferry menegaskan tidak akan segan-segan menindak para pelaku Pungli apapun jenis dan bentuknya untuk diproses sesuai hukum yang berlaku.

Selain mengandalkan Posko Pengamanan serta pelayanan, Polresta Padang juga menggelar patroli khusus dari personel Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang beserta jajaran di Kepolisian Sektor (Polsek).