Pemkab Dharmasraya upayakan minim sampah selama lebaran

id Pemkab Dharmasraya,Berita dharmasraya,Berita sumbar,Sampah dharmasraya

Pemkab Dharmasraya upayakan minim sampah selama lebaran

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya, Budi Waluyo. (Antara/Ilka Jensen) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mengupayakan untuk meminimalisir dan mengurangi sampah selama lebaran 1444 Hijriah.

"Upaya mengurangi sampah sudah kita lakukan dengan mengeluarkan surat edaran bupati terkait pengelolaan sampah selama lebaran Idul Fitri 2023," Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya, Budi Waluyo, di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan edaran tersebut ditujukan kepada pihak rumah makan, pemilik rest area, pengelola obyek wisata, restoran, hotel, dan pengelola SPBU. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi pengurangan volume sampah yang diprediksi meningkat selama lebaran 2023.

Dalam edaran tersebut, kata dia Pemkab Dharmasraya mengimbau pihak rumah makan, pengelola rest area, dan lainnya agar menyediakan tempat sampah organik dan non organik di tempatnya masing-masing.

"Begitu juga pengelola agar membuat imbaaun melalui spanduk, baliho, dan poster agar tidak membuang sampah sembarangan. Jika volume sampah dalam jumlah banyak agar menghubungi DLH Dharmasraya," katanya.

Menurut dia Dharmasraya adalah gerbang masuk bagi para perantau yang akan mudik ke beberapa daerah di Sumbar, sebagai tuan rumah harus menyambut dengan baik.

Pemkan Dharmasraya mengimbau pemudik agar membawa kantong belanja, kantong minum, dan wadah makan masing-masing untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai.

Kemudian, lanjut dia, mengambil makanan secukupnya dan selalu habiskan makanan tanpa sisa, buang sampah di tempat yang disediakan dan pisahkan sesuai jenisnya.

"Semua yang akan mudik, mari kita mudik tanpa sampah dan mari menjaga keselamatan dan kenyamanan lingkungan. Mari sama-sama ajak sanak famili di kampung halaman untuk peduli lingkungan," katanya

Ia menambahkan permasalahan lingkungan hidup terutama berkaitan dengan sampah selalu menyentuh ranah kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk selalu berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan.